Kompas.com - 22/10/2013, 09:57 WIB
Pastikan permukaan perabot bebas debu dan partikel benjolan sebelum Anda mewarnainya. missmustardseed.comPastikan permukaan perabot bebas debu dan partikel benjolan sebelum Anda mewarnainya.
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Mewarnai perabot kayu di rumah Anda dengan berbagai warna menarik bisa memberikan nuansa berbeda pada ruangan tempatnya berada. Ahli Desain Gia Russo dari Real Simple menjelaskan mudahnya mewarnai perabotan kayu.

Sayangnya, banyak orang justru memandang pewarnaan perabot kayu adalah proses yang rumit dan memakan banyak waktu. Russo meyakinkan publik mengecat perabot kayu sangat menyenangkan.

Anda hanya membutuhkan kain bersih, amplas atau amplas spons, cat primer, cat lateks, roller dan roller frame (wadahnya), kuas, serta kuas busa. Tentu, Anda juga membutuhkan furnitur yang ingin diperbarui tampilannya.
 
Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum mulai memoles cat primer pada permukaan perabot adalah memastikan, perlu atau tidak mengamplas perabot tersebut. Ada dua cara untuk mengetahui hal tersebut. Pertama, periksa adanya lubang-lubang pada permukaan perabot. Kedua, periksa juga jika ada benjolan pada permukaan perabot. 
 
Jika Anda menemukannya, maka gunakanlah amplas spons untuk menghaluskan permukaan perabot. Amplas dengan gerakan pendek bolak-balik atas-bawah. Kemudian, periksa permukaan perabot dengan menggunakan tangan Anda. Ketika Anda sudah merasa permukaannya halus, hilangkan debu dari permukaan perabot. Gunakan kain bersih atau pembersih vakum. Langkah ini begitu penting. Anda harus memastikan semua partikel debunya sudah hilang sebelum mulai menyapukan cat primer.
 
Setelah itu, mulailah proses penyapuan cat primer. Jika perabot yang ingin Anda warnai berukuran kecil, maka gunakan saja primer semprot. Primer jenis ini lebih ringkas dari primer konvensional. Namun, Anda juga bisa menggunakan kuas. Pastikan Anda membiarkan cat primer kering.

Jika perabot yang ingin Anda cat berukuran besar dan memiliki permukaan mendatar, gunakan roller untuk menyapukan cat ke permukaannya. Cara ini lebih cepat dan lebih mudah ketimbang menggunakan kuas. Pastikan Anda melapisi perabot sebanyak dua lapis. Tunggu hingga lapisan pertama kering, sekitar dua jam, baru menyapukan cat lapis kedua.

Selama menunggu cat kering, pastikan kuas yang Anda gunakan tidak kering. Caranya, taruh kuas di dalam kantung plastik, kemudian taruh di dalam lemari es untuk memastikannya tetap lembab.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.