Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilih Empat Hewan Peliharaan Rendah Perawatan Ini!

Kompas.com - 11/10/2013, 12:35 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com — Memelihara hewan di rumah bisa bermanfaat untuk mengajarkan anak-anak tanggung jawab dan berempati. Hal yang sama juga "diajarkan" hewan tersebut kepada para orangtua.

Setelah lelah seharian bekerja, Anda mungkin bisa menghilangkan stres hanya dengan mengelus bulu-bulu anjing atau kucing. Namun, Anda juga harus ingat, menyediakan nutrisi yang cukup, merawat kesehatan dan menjaga kebersihannya, adalah penting diutamakan. Jika hal ini terasa terlalu berat, Anda sebaiknya beralih dan memelihara empat hewan berikut ini. Ketimbang anjing dan kucing, mereka relatif lebih "rendah perawatan".

Pertama, cobalah memelihara burung kesturi (keluarga Psittaculidae). Namun, ada baiknya, jangan hanya memelihara seekor. Peliharalah dua burung sekaligus agar mereka bisa saling berkomunikasi.

google.co.id Anda bisa memelihara seekor ikan cupang di akuarium cantik berukuran sedang. Ikan ini memiliki karakteristik unik yang bisa membuat Anda terhibur memeliharanya di rumah.
Namun, hal tersebut bisa membuat burung-burung Anda lebih sedikit melakukan kontak dengan Anda. Burung semacam ini bisa hidup antara lima hingga 15 tahun. Alhasil, peliharaan ini cukup lama untuk "menemani" anak Anda tumbuh dewasa.

Kedua, Anda bisa memelihara mamalia kecil seperti tikus belanda (guinea pig). Syaratnya, sediakan kandang cukup besar agar binatang mungil ini bisa berlalu lalang dengan bebas.

Sesekali, Anda juga bisa mempercayakan anak Anda (atau Anda sendiri), bermain dengan tikus belanda ini. Usahakan memegangnya secara teratur agar dia terbiasa dan tidak takut dengan Anda. Tikus belanda mampu hidup antara empat hingga enam tahun.

Ketiga, cobalah memelihara ikan cupang (Betta sp). "Keluarga" ikan cupang memiliki berbagai warna menarik.

Anda bisa memelihara seekor ikan cupang di akuarium cantik berukuran sedang. Ikan ini memiliki karakteristik unik yang bisa membuat Anda terhibur memeliharanya di rumah. Jika cupang jantan melihat pantulan dirinya sendiri di dalam akuarium, dia akan mengembangkan siripnya dan melakukan "atraksi" untuk Anda.

http://www.acuteaday.com Anda bisa memelihara mamalia kecil seperti Tikus Belanda (Guinea Pig). Syaratnya, sediakan kandang cukup besar agar binatang mungil ini bisa berlalu lalang dengan bebas.
Namun demikian, harus diingat, sebaiknya Anda membersihkan akuarium setidaknya seminggu sekali. Jika Anda tertarik, ikan ini mampu bertahan hidup selama sekitar tiga hingga lima tahun.

Keempat, bagi Anda yang tidak keberatan memelihara reptil, Anda bisa memelihara leopard gecko. Hewan malam berasal dari Pakistan, India, dan Iran ini relatif mudah dipelihara. Anda hanya membutuhkan kotak plastik berukuran sekitar 90 x 45 x 45 cm untuk dua atau tiga gecko sekaligus.

Sama seperti ikan cupang, jangan satukan beberapa gecko jantan dalam wadah yang sama. Hewan ini juga hanya memakan serangga, khususnya pada waktu malam.

Jangan beri makan yang berukuran lebih panjang dari hewan ini. Anda perlu memberi makan gecko dewasa 10 serangga antara dua hingga tiga hari sekali. Hewan ini mampu hidup antara 10 hingga 20 tahun.

Tertarik?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com