Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Murah Meriah, Buat Tampilan Industrial di Rumah

Kompas.com - 14/10/2013, 19:03 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Awalnya, tuan-tuan tanah di Amerika Serikat menyewakan gedung-gedung bekas pabrik dan gudang sebagai ruang apartemen untuk menekan biaya sewa. Plafon ekspos yang menampilkan saluran udara, dinding "tidak selesai" dengan bata ekspos, dan lantai dari beton sempat dianggap sebagai hunian kurang layak.

Namun, citra tersebut kini telah berubah. Tampilan yang dikenal sebagai gaya industrial justru dicari. Harga hunian seperti ini pun meroket. Anda yang tidak cukup berkantong tebal, bisa membuat sendiri tampilan serupa dengan harga jauh lebih murah.

Berikut ini tips yang diambil dari Houzz.com, HGTV.com, Huffington Post, dan Homelife.

Umumnya, tampilan industrial membutuhkan beberapa fitur arsitektur seperti dinding dan plafon ekspos. Membiarkan plafon Anda tidak ditutup papan gipsum bisa Anda netralisasi dengan memasang lantai kayu yang terkesan hangat. Tonjolkan saja keaslian berbagai material, entah itu baja, kayu, beton, atau batu bata. Tunjang material tersebut dengan penggunaan palet warna netral, seperti putih, krem, atau abu-abu dan hitam.

http://www.san-marcousa.com Dekorasi bergaya desain industrial juga bisa digunakan di lokasi-lokasi lain di dalam rumah, misalnya dapur.
Pertama, gunakan kayu-kayu bekas sebagai gantungan baju. Perbaiki permukaan kayu dengan mengamplasnya, lalu buatlah menyerupai jemuran mini untuk menaruh kaus atau celana jeans yang akan Anda gunakan kembali.

Kedua, cobalah mencari kursi-kursi yang terbuat dari besi atau kayu. Jangan ragu berburu barang-barang semacam ini di pasar loak. Kursi dari besi relatif lebih kuat ketimbang sofa-sofa. Anda pun tidak perlu takut pada kutu atau berbagai serangga lain yang biasanya ada pada sofa bekas.

Ketiga, eksplorasi penggunaan warna hitam. Jadikan warna tersebut sebagai aksen menarik untuk mewarnai kursi kecil, kaki meja, atau gunakan jok kulit berwarna hitam untuk sofa berangka kayu. Selain warna, ingatlah bahwa tekstur juga mampu memberikan karakter rumah. Permukaan kayu yang berurat, besi berkarat, atau dinding batu-bata tidak halus mampu memberikan kesan istimewa.

http://www.elementalarchitecture.com Dekorasi industrial memaksimalkan penggunaan barang-barang bekas pakai dari material besi dan kayu. Salah satu caranya adalah dengan membuat meja kopi dengan kaki yang terbuat dari roda.
Keempat, manfaatkanlah pipa besi dan lembaran kayu untuk membuat rak buku. Manfaatkan juga roda (yang biasa digunakan pada bagian bawah peti atau lemari) sebagai bagian bawah meja tua. Anda juga bisa membuat meja kopi dari empat roda-roda tersebut dan lembaran kayu.

Hal-hal tidak biasa seperti roda tersebut tidak hanya menarik perhatian, namun juga praktis. Gunakan solusi seperti ini juga pada dapur atau garasi Anda. Gunakan mason jar sebagai tempat untuk menyimpan gula di dapur, atau paku di garasi. Jejerkan beberapa mason jar dan "pamerkan" isinya.

TRACEY AYTON PHOTOGRAPHY Nuansa warna sederhana yang dipenuhi dengan hitam, putih, dan abu-abu untuk rumah dengan dekorasi industrial.
Kelima, tetaplah pada warna sederhana, seperti hitam, putih, dan abu-abu. Untuk kesan yang lebih berwarna, Anda juga bisa menyertakan warna-warna menyerupai bata merah dan kayu. Atau, gunakan saja kedua material ini untuk memberikan kesan lebih dinamis dalam rumah.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com