Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pusing dengan Suara Bising? Cek Trik Kreatif Ini...

Kompas.com - 10/10/2013, 07:20 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com — Masalah yang dihadapi penduduk kota tidak hanya polusi udara. Polusi suara juga merupakan salah satu masalah berat, terutama jika hunian berada di pinggir jalan. Suara bising knalpot dan mesin mobil bisa mengganggu istirahat atau kegiatan sehari-hari. 

Untuk menyelesaikan masalah ini, Anda bisa membangun rumah berdinding beton yang tebal, membuat "penyaring" suara di halaman depan, atau menanam banyak tanaman rimbun. Namun, jika hal-hal ini mustahil dilakukan, masih ada yang bisa dilakukan.
 
Pertama, Anda harus mengetahui barang-barang atau material seperti apa yang mampu menyerap suara. Kemudian, manfaatkanlah material tersebut dengan cara yang kreatif. Misalnya, gunakan papan gabus atau kain tebal sebagai penutup dinding dan plafon. Anda juga bisa membuat kanopi di atas tempat tidur.
 
Kedua, penuhi rumah Anda dengan bahan-bahan empuk dan menyenangkan. Buat semua permukaan rumah lebih nyaman dengan karpet. Jangan biarkan lantai rumah kosong begitu saja. Tutup dengan karpet tebal untuk mengurangi kebisingan.
 
Ketiga, hindari penggunaan sepatu di dalam rumah. Bagi Anda yang tinggal di apartemen atau kos-kosan, Anda juga bisa meminta tetangga untuk melakukan hal yang sama. Cara ini bisa meminimalisasi suara bising, terutama dari derit lantai di dalam rumah dan di ruang-ruang lain di sekitarnya.
 
Keempat, gunakan gorden-gorden tebal pada jendela. Gorden ini tidak hanya berfungsi menghindari masuknya sinar matahari ke dalam rumah, tetapi juga polusi suara. Selain itu, Anda juga bisa menambah keheningan dengan menggunakan pelapis kaca yang cukup tebal. Semakin tebal pelapis kaca, semakin kuat pula perlindungan rumah terhadap bising.
 
Kelima, investasikan uang pada headphone atau earplug berkualitas tinggi untuk menjaga Anda tidur dengan tenang. Anda juga bisa memanfaatkan white noise untuk menangkal polusi suara dan bahkan menyembuhkan insomnia.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com