Kompas.com - 21/10/2013, 16:53 WIB
|
EditorHilda B Alexander
MEKKAH, KOMPAS.com - Menteri Urusan Kota dan Perdesaan Arab Saudi, Pangeran Mansour Bin Mateb, telah menyetujui standar bangunan baru untuk kota Mekkah yang akan memungkinkan pemilik menambahkan lantai baru untuk properti mereka.

Menteri memberi lampu hijau untuk proposal yang akan disampaikan ke Pemerintah Kota Mekkah pada awal bulan November mendatang.

Keputusan itu menyusul sebuah studi yang dilakukan Pemkot Mekkah dan kantor konsultan properti yang berusaha menyatukan ketinggian bangunan dan mengurangi kepadatan penduduk di pusat kota.

Standar baru tersebut mengharuskan bangunan di sebelah utara dan barat dari Masjidil Haram memiliki ketinggian maksimal lima lantai dan maksimal 20 lantai untuk bangunan di sebelah selatan jalan lingkar kedua.

Bangunan sejajar dengan jalan lingkar ketiga diperbolehkan antara tiga sampai 30 lantai di daerah-daerah tertentu, tetapi bangunan setelah jalan lingkar ketiga, ketinggian bervariasi antara dua hingga enam lantai.

Standar baru ini memungkinkan bangunan yang berada di antara jalan lingkar kedua dan ketiga Mekkah untuk memiliki ketinggian maksimal empat lantai. Sementara di sekitar jalan lingkar keempat, diharuskan memiliki ketinggian maksimal tiga lantai.

Kementerian juga telah mempertimbangkan pentingnya melestarikan aspek arsitektur kota suci saat terjadinya transformasi perkotaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.