Kompas.com - 09/10/2013, 07:20 WIB
Ruang makan tak terpakai bisa dimanfaatkan sebagai ruang tamu atau area kerja. brightnestRuang makan tak terpakai bisa dimanfaatkan sebagai ruang tamu atau area kerja.
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Harga rumah dan apartemen kini sudah melambung tinggi. Apartemen berkonsep studio pun sudah seharga ratusan, bahkan miliaran Rupiah. Karena itu, setiap meter persegi di dalam hunian begitu berharga. Jangan membuang-buang fungsi ruang hanya demi kebiasaan atau "aturan" semata. 

Salah satu ruangan yang sering ditinggalkan dan tidak lagi digunakan karena pemiliknya sudah terlalu sibuk adalah ruang makan. Ruang ini hanya sesekali digunakan untuk merayakan hari besar atau acara keluarga. Lakukan beberapa hal ini agar ruangan di rumah atau apartemen Anda tidak terbuang percuma.
 
Pertama, ubah ruang makan menjadi ruang kerja. Gunakan meja makan yang ada di ruangan tersebut sebagai meja kerja. Simpan dan singkirkan kursi-kursi lain di sekitarnya, hingga Anda lebih bebas bergerak. Gunakan lemari-lemari tempat menyimpan piring dan peralatan makan di ruang tersebut sebagai tempat penyimpanan alat tulis. Dengan cara ini, Anda bisa menggunakan ruang tersebut selama 360 hari sebagai ruang kerja dan lima hari sebagai ruang makan untuk menjamu keluarga. Ruang tidak lagi terbuang.
 
Kedua, ubah ruang makan jadi ruang hiburan. Gunakan ruang tersebut sebagai tempat menjamu teman, atau tempat Anda melepas penat. Perbesar ruang tamu, atau letakkan berbagai permainan seperti meja biliar di lokasi meja makan.
 
Ketiga, Anda bisa memperkecil ruang makan tersebut. Pilihlah meja yang lebih kecil, tempat penyimpanan, dan mungkin kursi lebih ramping. Ubah konsep ruang makan menjadi ruang menyantap sarapan pagi yang mungil dan praktis. Sisa ruang bisa Anda manfaatkan untuk keperluan lain.
 
Keempat, Anda bisa mengubah ruang makan menjadi kamar tamu. Terutama, jika ruang makan tersebut berbentuk satu ruangan tersendiri. Konsep ruang tersendiri ini juga bisa Anda manfaatkan sebagai ruang tertutup untuk kamar belajar atau kamar bermain anak yang bisa mereka gunakan setiap hari.

Dengan cara ini, Anda tidak perlu lagi "membuang" ruang tersebut dengan membiarkannya kosong dan tidak digunakan setiap hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.