Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bentuk Rumahnya Panjang, Tapi Sempit? Begini Trik Mendesainnya!

Kompas.com - 30/09/2013, 19:30 WIB
Tabita Diela,
M Latief

Tim Redaksi

Sumber Houzz

KOMPAS.com - Rumah yang ada di Washington D.C, Amerika Serikat, ini berukuran 83,6 meter persegi. Sebenarnya, ukuran rumah dua lantai tersebut cukup besar dan mendesain interior rumah ini seharusnya relatif mudah. Hanya saja, bentuk rumah ini ternyata tidak biasa.

Rumah tersebut berbentuk memanjang dan hanya memiliki lebar tiga meter. Kontributor Houzz.com, Mitchell Parker, mengatakan bahwa rumah ini dibangun pada 1700-an. Semula, rumah tersebut digunakan sebagai hunian pelayan di Washington D.C.. Ratusan tahun kemudian, sebuah keluarga dari Libya membeli rumah tersebut untuk mereka jadikan rumah peristirahatan.

Pada awalnya, rumah berbentuk memanjang ini berada dalam kondisi cukup buruk. Bagian interiornya gelap dan tampak penuh karena bersekat-sekat. Padahal, sumber cahaya hanya ada dari bagian depan dan bagian belakang. Untuk itu, arsitek yang bertugas membenahi rumah ini, Richard Loosle mengambil langkah drastis.

Loosle mengaku sering memperbaiki rumah berbentuk memanjang. Hanya saja, rumah dengan bentuk sesempit ini belum pernah dia kerjakan.

"Ini rumah paling sempit yang bisa Anda dapatkan," ujar Loosle.

Loosle kemudian mengubah pembagian rumah ini. Pertama, dia meruntuhkan partisi hingga membentuk ruang berukuran 3m x 12m. Kemudian, dia melakukan beberapa hal berikut ini. Pertama, Loosle membuat ruangan terasa lebih besar dengan "membuka" partisi dan membiarkan banyak sinar matahari masuk ke dalamnya.

Menyembunyikan barang

Selain menggunakan lantai kayu untuk bagian yang sering dilalui, Loosle juga menggunakan lantai porselen berwarna gelap untuk bagian tangga. Dengan cara ini, dia membagi ruang menjadi "sisi dingin" dan "sisi hangat".

Kedua, Loosle memfokuskan diri pada pembuatan penyimpanan. Jika salah dikerjakan, penyimpanan yang ada di rumah memanjang justeru akan memenuhi rumah tersebut. Dia membuat rak buku setinggi hampir sama dengan plafon, 2,4m.

Ketiga, memastikan banyak cahaya dapat masuk ke dalam rumah. Jika cahaya alami tidak mungkin terakses, maka Loosle menggunakan banyak lampu-lampu LED yang dipasang dengan dimmer.

Keempat, Loosle "menyembunyikan" berbagai keperluan di dalam rumah ini. Loosle menyembunyikan lemari es, pantry, dan meja makan di dalam lemari. Jika diperlukan, lemari tersebut dapat dibuka dan digunakan sesuai fungsinya.

Ternyata, menyembunyikan barang-barang juga dia lakukan di kamar utama. Bagian bawah tempat tidur menjadi tempat ideal untuk menyimpan barang-barang.

Loosle juga melakukan hal cerdas lainnya. Selain menyembunyikan barang-barang, dia juga memastikan barang yang tampak tidak memblok penglihatan pemilik rumah. Misalnya, untuk pegangan tangga, dia menggunakan kabel.

Sementara cara kelima, Loosle menggunakan perlengkapan modern. Desain modern ternyata menjadi gaya yang tepat bagi rumah berbentuk mungil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Houzz
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com