Kompas.com - 02/10/2013, 15:04 WIB
Penulis Latief
|
EditorLatief
KOMPAS.com - IKEA, perusahaan desain asal Swedia, mengumumkan akan mulai memasarkan panel surya untuk keperluan perumahan di toko-toko di Inggris. Sistem energi terbarukan ini akan dibuat oleh produsen Hanergy di China, yang dipilih IKEA untuk menawarkan jasa instalasi solar penuh tersebut.

"Beberapa tahun lalu harga panel surya memang jatuh. Harga yang benar-benar baik itu sekarang," ujar Kepala Bidang Energi Terbarukan IKEA Steve Howard kepada pers.

"Ini adalah waktu yang tepat untuk mendatangi konsumen. Jika Anda berada di rumah yang lama, energi Anda akan habis setelah tujuh tahun," tambahnya.

Semua pembelian panel berwarna hitam dengan besaran 3.36 kilowatt akan dikenakan biaya 9,200 Dolar AS atau sekitar Rp 106 juta. Biaya itu sudah mencakup konsultasi di dalam toko, layanan desain, pemeliharaan, serta pemantauan energi. Saat ini IKEA meluncurkan produk di negara-negara lain dan dalam waktu dekat akan tersedia untuk cabang internasional mereka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.