Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menara Danamon, Kantor "Green Building" Berbiaya Rp 527 Miliar!

Kompas.com - 01/10/2013, 19:21 WIB
Latief

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Danamon Indonesia, Tbk bersiap melaksanakan proyek pembangunan kantor pusatnya yang menggunakan konsep green building melalui implementasi fitur-fitur ramah lingkungan dan hemat energi. Pembangunan gedung kantor tersebut diperkirakan selesai pada pertengahan 2015 dengan total biaya Rp 527 miliar.

Vera Eve Lim, Chief Financial Officer dan Direktur Danamon mengatakan, dengan dibangunnya gedung Menara Danamon sebagai kantor pusat yang baru, maka sewa gedung di Jakarta akan berkurang, dari sebelumnya sebanyak 5 gedung menjadi maksimal 2 gedung saja. Di atas lahan seluas 4.100 meter persegi di kawasan Kuningan, luas ruang perkantoran ini sebesar 24.000 m2.

"Dengan demikian, hal ini mengurangi ketergantungan Danamon terhadap kebutuhan sewa kantor sehingga lebih efisien dalam segi pengeluaran operasional," ujar Vera dalam siaran pers rencana pembangunan kantor tersebut di Jakarta, Selasa (1/10/2013).

Nantinya, Vera menjanjikan, gedung baru tersebut akan menghadirkan fasilitas kantor terkini dan fitur-fitur ramah lingkungan guna menunjang kegiatan usaha dan operasional bank secara berkesinambungan. Menara ini akan terdiri dari 21 lantai ditambah 5 lantai basement untuk lahan parkir dan fasilitas infrastruktur.

Untuk proyek ini, Menara Danamon menunjuk PT Total Bangun Persada sebagai kontraktor utama dengan cakupan kerja meliputi basement dan upper structure. Adapun konsep bangunan hijau tersebut akan dibangun melalui implementasi fitur-fitur ramah lingkungan dan hemat energi, antara  lain menggunakan material ramah lingkungan seperti kaca rangkap rendah emisi (Low E Double Glazing). 

"Berfungsi meredam panas sinar matahari sehingga penggunaan sistem pendingin udara dan lampu penerangan lebih hemat energi," kata Direktur Total Bangun Persada, Handoyo Rusli.

Selain itu, gedung perkantoran ini juga akan dilengkapi dengan pengolahan ulang limbah air (Waste Water Treatment Plant), lampu hemat energi, dan fasilitas parkir sepeda serta ruang hijau yang luas, termasuk dua sky garden atau taman di atap gedung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com