Kompas.com - 10/09/2013, 10:34 WIB
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief
KOMPAS.com - L'Oasis D'Aboukir atau Oasis Aboukir merupakan dinding "hijau" setinggi 25 meter yang dibuat oleh ahli botani dan peneliti Patrick Blanc. Blanc menutupi dinding tersebut dengan 7600 tanaman dari 237 spesies berbeda.

Sebelum berada di tangan Blanc, bangunan yang ada di sudut Rue d'Aboukir dan Rue des Petits-Carreaux di Deuxieme Arrondisement, Paris, ini tampak kosong. Fasad sisi bangunan tersebut hanya ditutupi beton-beton ekspos tanpa ornamen.

www.dezeen.com Sebelum berada di tangan Blanc, bangunan yang ada di sudut Rue d'Aboukir dan Rue des Petits-Carreaux di Deuxieme Arrondisement, Paris, ini tampak kosong. Fasad sisi bangunan tersebut hanya ditutupi beton-beton ekspos tanpa ornamen.
Memang, meskipun beton ekspos mampu tampil apik untuk gedung lain, tidak demikian pada bangunan di persimpangan jalan ini. Barulah, setelah ditambah karya Blanc, fasadnya tampak lebih unik dan segar.

"Saya sangat senang bisa berkontribusi pada kesejahteraan dan kesadaran lingkungan dari penghuni distrik bersejarah di jantung Paris," ujar Blanc seperti dikutip www.dezeen.com.

www.dezeen.com Tidak hanya penduduk distrik tersebut yang bisa menikmati keindahan hasil karya Blanc. Instalasi cantik ini akan dibuka secara resmi dalam Paris Design Week yang mulai dibuka hari ini (9/9/2013) hingga Minggu (15/9/2013).
Tidak hanya penduduk distrik tersebut yang bisa menikmati keindahan hasil karya Blanc. Instalasi cantik ini akan dibuka secara resmi dalam Paris Design Week yang mulai dibuka hari ini (9/9/2013) hingga Minggu (15/9/2013).

Beberapa waktu lalu, Kompas.com pernah menampilkan sebuah taman vertikal cantik di London. Didesain oleh Gary Grant dari Green Roof Consultancy Ltd, kehadiran taman tersebut dinilai mampu menyimpan 10.000 liter air.

www.dezeen.com Beberapa waktu lalu, Kompas.com pernah menampilkan sebuah taman vertikal cantik di London. Didesain oleh Gary Grant dari Green Roof Consultancy Ltd, kehadiran taman tersebut dinilai mampu menyimpan 10.000 liter air.
Dinding ini berada pada The Rubens at the Palace. Proyek "dinding hidup" tersebut didukung oleh Gubernur London Boris Johnson. Menurut Staf Ahli Gubernur Bidang Lingkungan dan Energi Matthew Pencharz, jumlah pohon, taman, dan "atap hidup" di London dapat meningkatkan ketahanan London terhadap cuaca ekstrem.

Berbicara mengenai keindahan bangunan yang terpengaruh karena tanaman merambat, arsitek asal Amerika Serikat, Frank Lloyd Wright pernah memberikan saran kepada para arsitek muda, khususnya arsitek muda Amerika. Dengan nada humor, dia mengatakan "Dokter bisa mengubur kesalahannya, tapi arsitek hanya bisa menyarankan kliennya untuk menanam tanaman merambat."

Boleh jadi, Wright bermaksud menekankan bahwa penting bagi seorang arsitek untuk menyempurnakan karyanya. Namun, di sisi lain, Wright tampaknya juga setuju, bahwa tanaman merambat mampu membuat bangunan tampak lebih baik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.