Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Tampilan Rumah Baru Tanpa Keluar Uang? Ini Triknya!

Kompas.com - 04/09/2013, 19:05 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com — Tidak mustahil, pemilik rumah bisa merasa bosan dengan tampilan interior rumahnya selama ini. Untuk mengatasi hal itu, ada cara-cara mudah, sederhana, dan murah untuk memberikan tampilan lebih segar pada interior rumah. Simak berikut ini.

Pindahkan furnitur

Pertama, atur kembali furnitur di dalam rumah. Geser perabot dan simpan perabotan yang jarang digunakan. Cara ini begitu sederhana dan bisa dilakukan sendiri. Hanya dengan memindahkan lemari, sofa, meja, atau tempat tidur, ruangan pun terasa berbeda.

Kemungkinan besar, dengan pengaturan yang tepat, ruang tersebut juga bisa terasa lebih besar. Tentunya, hal tersebut membuat ruang terasa lebih segar dan lebih "baru".

www.freshome.com Ketiga, gunakan kain-kain tidak terpakai untuk mengubah tampilan sofa. Buatlah sarung bantal, tutup headboard pada tempat tidur, atau bahkan ganti bahan penutup sofa dengan kain-kain yang Anda miliki.
Sisa cat 

Cara kedua adalah menggunakan sisa cat yang masih Anda miliki. Meski tidak memiliki cat yang cukup untuk menutupi seluruh ruangan, Anda bisa menggunakan cat tersebut untuk membuat dinding aksen.

Namun, tentu saja, yang bisa Anda lakukan dengan cat tersebut sangat bergantung pada jenis cat milik Anda di rumah. Jika punya cat tembok, Anda bisa membuat mural sederhana pada dinding interior rumah. Sementara itu, jika hanya memiliki cat kayu, Anda bisa mewarnai bagian dalam lemari, rak buku, atau rangka furnitur berbahan kayu.

www.freshome.com Keluarkan foto-foto dari album keluarga dan pajang di dinding Anda. Anda bisa memajangnya dengan menggunakan pigura-pigura tua milik Anda, atau bahkan membuatnya sendiri. Anda juga bisa menggantungnya dan memanfaatkan jepitan jemuran kayu.
Kain bekas

Ketiga, gunakan kain-kain tidak terpakai untuk mengubah tampilan sofa. Buatlah sarung bantal, tutup headboard pada tempat tidur, atau bahkan ganti bahan penutup sofa dengan kain-kain yang Anda miliki.

Selain itu, Anda juga bisa membuat berbagai hal dari kain perca. Buatlah hiasan dinding, selimut, atau hiasan sarung bantal dengan memanfaatkan kain-kain perca tersebut.

Perlengkapan makan

Keempat, tampilkan perlengkapan makan yang Anda miliki sebagai hiasan dinding. Daripada hanya menyimpannya di dalam lemari, segera keluarkan koleksi porselen Anda. Tutup satu dinding dengan koleksi piring-piring cantik Anda. Pilih piring dengan berbagai bentuk berbeda atau piring-piring dengan nuansa warna yang sama untuk menghias dinding tersebut.

Cermin

Kelima, buat ruangan terasa lebih besar dan lebih terang dengan menggunakan cermin. Pajang cermin di salah satu sudut rumah Anda dengan cara menyenderkannya dan membuatnya berdiri di sudut rumah atau menggantungnya.

Cermin mampu merefleksikan sinar matahari dari jendela dan sinar lampu di dalam rumah Anda. Karena itulah, ruangan pun terasa lebih terang dengan adanya pantulan cahaya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com