Kompas.com - 02/09/2013, 08:43 WIB
 Ruang berukuran kecil efektif dan relatif lebih mudah dibersihkan ketimbang yang berukuran besar.
www.homedit.com Ruang berukuran kecil efektif dan relatif lebih mudah dibersihkan ketimbang yang berukuran besar.
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander
www.homedit.com Ketika mengerjakan pengaturan interior ruangan berukuran kecil, pastikan perabotan berukuran tepat. Hindari perabotan dengan ukuran yang terlalu besar dan tampak
www.homedit.com Pilihlah furnitur dengan corak dan warna yang sesuai.
www.homedit.com Ottoman bisa menjadi salah satu furnitur multifungsi, sebagai tempat duduk sekaligus meja kopi. Letakkan nampan cantik jika Anda menginginkan permukaan yang keras dan datar pada ottoman.
www.homedit.com Manfaatkanlah berbagai furnitur sebagai tempat penyimpanan. Buatlah ruang-ruang sisa di sekitar window seat sebagai tempat penyimpanan. Begitu juga dengan ottoman yang bisa berfungsi ganda sebagai tempat nyaman untuk beristirahat.
KOMPAS.com - Ruangan berukuran kecil memberikan banyak keuntungan. Bagi orang-orang yang tinggal di daerah beriklim dingin, ruang semacam ini membutuhkan lebih sedikit energi untuk menghangatkannya. Selain itu, ruang berukuran kecil pun efektif dan relatif lebih mudah dibersihkan ketimbang yang berukuran besar.

Hanya, ada tantangan tersendiri mendekorasi ruangan berukuran mungil. Dibutuhkan siasat khusus agar dekorasi maksimal tapi tidak terasa sesak, berikut langkahnya:

 
Cara pertama, ukur perabotan Anda. Ketika mengerjakan pengaturan interior ruangan berukuran kecil, pastikan perabotan berukuran tepat. Hindari perabotan dengan ukuran yang terlalu besar dan tampak "gemuk" seperti sofa-sofa empuk. Pilihlah sofa modern yang lebih "ramping" dan hemat tempat.
 
Cara kedua, buatlah window seat. Manfaatkan ruang sempit di dekat jendela sebagai tempat duduk. Window seat semacam ini menghemat tempat sekaligus fungsional. Buatlah window seat di kamar tidur, ruang kerja, atau di ruang bermain anak.
 
Cara ketiga, manfaatkan ottoman. Ini bisa menjadi salah satu furnitur multifungsi, sebagai tempat duduk sekaligus meja kopi. Letakkan nampan cantik jika Anda menginginkan permukaan yang keras dan datar pada ottoman.
 
Keempat, manfaatkanlah berbagai furnitur sebagai tempat penyimpanan. Buatlah ruang-ruang sisa di sekitar window seat  sebagai tempat penyimpanan. Begitu juga dengan ottoman yang bisa berfungsi ganda sebagai tempat nyaman untuk beristirahat.
 
Cara kelima, gunakan tempat-tempat duduk yang bisa dipindah. Kursi-kursi ringan dan dapat dilipat bisa menjadi kursi tambahan yang efektif ketika ada tamu datang ke rumah. Ketika tidak membutuhkan kursi tersebut, Anda bisa melipat dan menyimpannya.
 
Cara keenam, pilih warna dan corak yang sesuai. Warna yang netral dan corak yang "membawa" mata secara vertikal, membantu ruang tampak sedikit lebih besar. Pilih juga furnitur yang sesuai.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.