Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jepang Kembangkan Bisnis Furnitur di Indonesia

Kompas.com - 23/08/2013, 22:56 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum IKEA, perusahaan furnitur asal Swedia membuka gerai pertamanya di Tangerang pada 2014 mendatang, Kokuyo malah mencuri "start" lebih dulu. Jumat ini (23/8/2013), mereka membuka toko perdananya di Jakarta dengan menggandeng Kriss Gallery.

Kokuyo merupakan produk perabot yang dibuat oleh Kokuyo Furniture Co. Ltd. Perusahaan yang berbasis di Jepang ini, mengkhususkan diri pada furnitur perkantoran dengan desain unik seperti kursi dan meja kerja, kabinet, rak, furnitur untuk rumah sakit, perangkat sekolah dan furnitur untuk komersial serta ruang publik.

Menurut President & CEO Kokuyo Furniture Co. Ltd., Hidekuni Kuroda, pasar Indonesia sangat besar dan terus tumbuh positif. Terutama pasar properti di segmen perkantoran.

"Pesatnya ruang-ruang perkantoran, khususnya di jakarta, menjadi salah satu pertimbangan kami masuk ke Indonesia. Kami menyasar perusahaan-perusahaan Jepang, domestik Indonesia dan multinasional dengan level A dan B," papar Kuroda.

Kokuyo masuk ke Indonesia melalui perusahaan importir PT Setsuyo Astec dan dipasarkan serta didistribusikan secara tunggal oleh PT Krisson Indonesia.

Managing Director Krisson Indonesia, Krisna Jani, mengungkapkan, produk Kokuyo ditawarkan seharga mulai dari 200 dollar AS atau setara Rp 2,1 juta per item.

"Kami tidak hanya menjual produk, juga desain yang mengintegrasikan kenyamanan, kekuatan serta ramah lingkungan. Karena produk Kokuyo setelah 10 tahun digunakan, dapat didaur ulang menjadi material pembuat furnitur kembali," ujar Krisna.

Sebagaimana umumnya produk Jepang, Kuroda mengklaim Kokuyo sangat fit untuk tubuh karena tidak menimbulkan panas setelah lama digunakan (diduduki). Hal ini dimungkinkan, karena desainnya ergonomis, dan terdapat sistem pump air pada dudukan dan sandaran kursi. Sementara untuk meja, dirancang lebih "langsing" sehingga hanya membutuhkan ruang yang lebih kecil.

Kokuyo mengharapkan dapat mengisi lebih dari 100 ruang perkantoran dalam satu sampai tiga tahun beroperasi.

Krisna mengasumsikan, satu perusahaan (ruang perkantoran) bisa berisi 100 orang karyawan dan 1 orang karyawan membutuhkan furnitur senilai 1.000 dollar AS (Rp 10,7 juta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com