Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Opendesk, Cara Mudah Membuat Furnitur

Kompas.com - 19/08/2013, 17:56 WIB
Tabita Diela

Penulis

www.designboom.com Opendesk merupakan koleksi furnitur yang bisa diunduh oleh siapa pun secara gratis lewat situs www.opendesk.cc. Perusahaan ini menyasar komunitas kreatif di seantero internet.
www.designboom.com Para desainer dan arsitek yang terlibat dalam proyek Opendesk percaya bahwa pabrik masa depan ada di mana-mana.
www.designboom.com Beberapa set furnitur yang bisa diunduh saat ini tengah dipajang di Museum Desain London dalam pameran bertajuk
www.designboom.com Konsep furnitur yang ditawarkan sebenarnya sederhana. Pihak pengunduh dapat menggunakan material lokal dan mengolaborasikannya dengan file yang telah diunduh sebagai cetakannya.
KOMPAS.com - Mengunduh berbagai piranti lunak di bawah lisensi creative common merupakan hal biasa. Namun, bagaimana dengan mengunduh furnitur? Opendesk menawarkan para desainer, pengrajin kayu, dan siapa pun yang tertarik, untuk membuat furniturnya sendiri.

Opendesk merupakan koleksi furnitur yang bisa diunduh oleh siapa pun secara gratis lewat situs www.opendesk.cc. Perusahaan ini menyasar komunitas kreatif di seantero internet. Para desainer dan arsitek yang terlibat dalam proyek Opendesk percaya bahwa pabrik masa depan ada di mana-mana.

Beberapa set furnitur yang bisa diunduh saat ini tengah dipajang di Museum Desain London dalam pameran bertajuk "The Future is Here". Koleksi Opendesk sejajar dengan sister project  Wikihouse. Sedikit berbeda, Wikihouse merupakan set open source untuk membangun rumah.

Berbagai produk dalam pameran "The Future is Here" tersebut diciptakan oleh desainer yang berasal dari seluruh dunia. Konsep furnitur yang ditawarkan sebenarnya sederhana. Pihak pengunduh dapat menggunakan material lokal dan mengolaborasikannya dengan file yang telah diunduh sebagai cetakannya. Setiap desain pun memiliki kode QR yang dapat dipindai untuk melihat garis waktu spesifik tiap desain, termasuk foto, serta video pemasangan serta informasi pembuat desain.

Sayangnya, teknologi praktis yang diperlukan untuk "membangun" kembali berbagai furnitur hasil unduhan belum tersedia secara massal. Mungkin di tahun-tahun mendatang, berbagai peralatan yang diperlukan akan tersedia di setiap rumah. Saat ini hanya beberapa instansi yang sudah menggunakannya sehari-hari.

Siapa pun yang ingin mencetak furnitur hasil unduhannya membutuhkan mesin CNC (Computer Numerical Control), sistem otomatisasi mesin perkakas. Mesin ini bekerja dengan program CAD. Namun, tak usah khawatir, jika tidak memiliki mesin CNC, pengunduh juga bisa mencetak desain dan memotong sendiri bagian-bagian perabotan pada sepotong kayu.

Anda tertarik membuat meja-meja unik hasil unduhan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com