Kompas.com - 30/08/2013, 09:39 WIB
Suku bunga KPR AS mengalami fluktuasi worldpropertychannel.comSuku bunga KPR AS mengalami fluktuasi
|
EditorHilda B Alexander
KOMPAS.com - Ketidakpastian program pembelian kembali obligasi Bank Sentral (Federal Reserve/The Fed)) menyebabkan tingkat suku bunga pinjaman perumahan (KPR) di Amerika Serikat mengalami gejolak.

Menurut laporan Freddie Mac, tingkat bunga pinjaman tetap dengan tenor 30 tahun menjadi 4,51 persen pekan ini per 29 Agustus 2013. Pekan sebelumnya mencapai rerata 4,58 persen. Sementara periode yang sama tahun lalu hanya 3,59 persen.

Sedangkan tingkat bunga tetap pinjaman untuk untuk jangka waktu 15 tahun mencapai rerata 3,54 persen. Walau turun 0,7 poin dari rerata 3,60 persen pekan lalu, masih lebih tinggi ketimbang periode yang sama tahun lalu yakni hanya sebesar 2,86 persen.

Fluktuasi bunga KPR di AS, sebenarnya, telah terjadi selama beberapa pekan. Kebijakan pembelian obligasi Bank Sentral ini juga berpengaruh besar terhadap pasar keuangan dan memicu spekulasi.

Kepala Ekonom Freddie Mac, Frank Nothaft, mengatakan, The Fed memantau pasar perumahan dalam beberapa bulan terakhir dengan suku bunga fluktuatif. Hal ini menstimulasi terjadinya penurunan tingkat penjualan rumah sebesar 13,4 persen Juli lalu.

Akibatnya, pasar keuangan mulai berspekulasi apakah The Fed akan menunda pengurangan pembelian obligasi dan imbal hasil obligasi jangka panjang diperbolehkan. Sementara di sisi lain tingkat pinjaman tetap menurun selama pekan ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X