Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Cermat Menangani Kamar Mandi Mungil

Kompas.com - 27/08/2013, 16:48 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Kamar mandi dapat tetap tampil cantik dan berfungsi sempurna meski memiliki ukuran kecil dan berbentuk tidak ideal. Kamar mandi yang terletak di area bawah tangga, misalnya.

Dengan ukuran rumah yang terbatas, kamar mandi justeru bisa menjadi lokasi ideal. Selain itu, membersihkannya pun lebih mudah, serta tidak ada ruang bagi jamur dan kotoran membandel. Berikut ini beberapa cara mempercantik kamar mandi meski bentuk, ukuran, dan tampilannya agar tampak tidak ideal.

Hiasan dinding

Pertama, cobalah kreatif menghias dinding kamar mandi. Menggunakan warna-warna mencolok bukan ide yang buruk. Hal ini malah bisa memberikan aksen unik yang membuat kamar mandi tampil lebih menarik.

Memadukan dua warna dan membuat aksen garis-garis horizontal juga bisa menjadi salah satu alternatif. Garis-garis tersebut membuat ruangan terasa lebih besar. Anda bisa memadukan warna dinding dengan dekorasi berwarna senada di dalam kamar mandi. Misalnya, dengan pigura kaca atau gorden pancuran.

www.houzz.com Kamar mandi dapat terasa lebih luas dan penggunanya akan merasa lebih bebas bergerak jika Anda menghilangkan beberapa fitur kamar mandi. Selain itu, gunakan fitur yang efisien.
Bebas bergerak

Kedua, kamar mandi dapat terasa lebih luas dan penggunanya akan merasa lebih bebas bergerak jika Anda menghilangkan beberapa fitur kamar mandi. Selain itu, gunakan fitur yang efisien.

Hindari penggunaan bak mandi dan bath tub. Ada baiknya, Anda menggunakan pancuran. Ini akan lebih hemat tempat dan relatif mengkonsumsi lebih sedikit air dari bak mandi.

Hindari menggunakan pemisah pancuran berbentuk pintu atau gorden pancuran. Untuk kamar mandi berukuran kecil, sebaiknya buatlah konsep kamar mandi basah tanpa sekat-sekat. Gunakan ubin berwarna cerah untuk menutupi lantai dan dinding kamar mandi tersebut.

Pembatas

Ketiga, jika ukuran kamar mandi masih memungkinkan Anda memberikan pembatas antara wastafel dan pancuran, atau antara pancuran dan kloset, maka eksplorasilah segala kemungkinan. Misalnya, mencoba rel gorden melengkung untuk menghemat tempat.

Anda juga bisa menggunakan kaca sebagai pemisah antara wastafel dan pancuran. Kaca transparan memberikan kesan terbuka di dalam kamar mandi. Pancuran dan kloset dapat terpisah, namun secara visual tidak terpisah.

Cermin

Keempat, gunakan banyak cermin. Penggunakan cermin secara ekstensif mampu memberikan kesan bahwa kamar mandi Anda berukuran lebih besar dari sebenarnya. Letakkan cermin di sudut ruangan untuk menggandakan efek tersebut.

Karya seni

Kelima, gunakan mural atau karya seni mencolok bagi kamar mandi Anda. Bila perlu, pilihlah mural bergambar perspektif yang mampu menipu mata Anda. Misalnya, gambar mural seolah Anda tengah berada di hutan atau stasiun.

Selamat berkreasi dengan kamar mandi mungil Anda! Kuncinya bukan ukuran atau modal yang besar, melainkan cermat memilih aksen, dekorasi, dan selalu menjaga kebersihan!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com