Ada "Surga" di Gedung Pameran Terbesar di Timur Tengah

Kompas.com - 23/08/2013, 13:56 WIB
Pilar tersebut berfungsi sebagai penyangga atap pusat konvensi yang didesain oleh arsitek Jepang, Arata Isozaki. www.dezeen.comPilar tersebut berfungsi sebagai penyangga atap pusat konvensi yang didesain oleh arsitek Jepang, Arata Isozaki.
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Pilar tersebut berfungsi sebagai penyangga atap pusat konvensi yang didesain oleh arsitek Jepang, Arata Isozaki. Tidak hanya dibangun sebagai pusat pertemuan modern, Qatar National Convention Center juga dibangun dengan filosofi tersendiri dan menampung berbagai karya seni istimewa.

Resmi dibuka pada 4 Desember 2011 lalu, Arata Isozaki membangun pilar yang terinspirasi dari batang dan ranting pohon Sidrat al-Muntaha. Dalam siaran pers yang dipublikasikan www.dezeen.com, sang arsitek menyatakan bahwa pohon tersebut seolah menjadi suar atas kegiatan pembelajaran dan kenyamanan di padang pasir. Pohon tersebut juga melambangkan suatu surga bagi para penyair dan cendekia yang berkumpul di bawah cabang-cabangnya dan berbagi pengetahuan.

www.dezeen.com Pusat konferensi ini tepatnya berada di atas lahan Qatar Foundation di Doha seluas 1.000 hektar. Sejauh ini, bangunan tersebut merupakan gedung pameran terbesar di Timur Tengah
Pusat konferensi ini tepatnya berada di atas lahan Qatar Foundation di Doha seluas 1.000 hektar. Sejauh ini, bangunan tersebut merupakan gedung pameran terbesar di Timur Tengah

Tidak hanya unggul dalam ukuran, QNCC berhasil dibangun dengan mengedepankan usaha pelestarian alam. Gedung pusat pertemuan tersebut telah memenuhi standar U.S. Green Building Council's Leadership in Energy and Environment Design (LEED). Bahkan, gedung ini meraih sertifikasi emas lantaran mampu beroperasi dengan tingkat efisiensi yang begitu tinggi. Gedung tersebut juga memiliki fasilitas konservasi air dan menggunakan pencahayaan hemat energi.

QNCC sendiri memiliki beberapa ruang pertemuan berskala akbar. Di dalam gedung ini terdapat balai sidang yang mampu menampung 4.000 orang dalam posisi duduk teater.

www.dezeen.com QNCC sendiri memiliki beberapa ruang pertemuan berskala akbar. Di dalam gedung ini terdapat balai sidang yang mampu menampung 4.000 orang dalam posisi duduk teater.
Gedung ini juga memiliki teater dengan 2.300 tempat duduk, tiga auditorium, dan 52 ruang rapat fleksibel. Bahkan, gedung tersebut juga punya 40.000m2 ruang pamer dari sembilan aula yang bisa diberi tempat duduk hingga 10.000 kursi untuk kegiatan konferensi atau pesta.

Arata Isozaki, yang bertanggungjawab di balik desain ini, memang tidak sembarangan. Dia mendapat penghargaan Medali Emas RIBA pada 1986. Karya-karyanya yang terkenal meliputi Perpustakaan Prefektural Oita dan Balai Kota Kamioka. Isozaki juga membuat Perpustakaan Maranello di Italia dan blok kantor melingkar di Spanyol.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X