Kompas.com - 21/08/2013, 16:03 WIB
|
EditorHilda B Alexander

SAO PAULO, KOMPAS.com - Jelang perhelatan akbar Piala Dunia Sepakbola 2014, masalah belum juga beranjak dari bumi Brasil. Mulai dari keterlambatan pembangunan lima stadion baru, hingga kenaikan tarif transportasi yang menstimulasi terjadinya protes massal. Masalah terbaru adalah meroketnya biaya sewa kamar hotel.

Lonjakan tarif fasilitas penginapan ini memang terkait erat dengan penyelenggaraan pesta bola kaki sejagat raya tahun depan. Arus permintaan dan reservasi berdatangan dari seluruh dunia, mengakibatkan pertumbuhan tingkat hunian hingga taraf tertinggi sebelum event tersebut dimulai.

Dewa Pariwisata Brasil, Embratur, meminta otoritas sepak bola dunia, FIFA, dan para pengelola hotel untuk berusaha menurunkan harga. Di beberapa hotel yang direkomendasikan oleh Match, perusahaan distribusi karcis yang ditunjuk FIFA, tarif kamar yang dikenakan meningkat lima kali lebih tinggi sepanjang turnamen.

Embratur berpendapat Match seharusnya mengubah kebijakan pemesanan kamar-kamar hotel dan meminta para pengelola untuk menurunkan tarif. FIFA atau Match menaikkan harga hingga 40 persen lebih tinggi dari angka yang tertera dalam kontrak dengan hotel-hotel tersebut. Hal inilah yang memberikan kontribusi terhadap melangitnya tarif kamar. Dewan khawatir biaya yang sangat tinggi ini dapat merusak citra Brasil.

"Kami mengusulkan agar perusahaan yang terlibat melakukan perundingan baru dan mengarah pada restrukturisasi harga,'' kata dewan seperti dikutip dalam dokumen yang didapat kantor berita Associated Press.

Ada pun, pertandingan pembukaan Piala Dunia digelar tanggal 12 Juni 2014, di Sao Paulo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.