Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desain Hotel "Miring" di Bibir Pantai

Kompas.com - 20/08/2013, 14:41 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com — Tidak hanya sekadar menyediakan kasur berkualitas, pelayanan 24 jam, serta berbagai fasilitas lainnya. Hotel-hotel modern kini juga menawarkan konsep unik agar pengalaman menginap setiap tamu begitu istimewa.

Salah satu hotel berkonsep unik tersebut adalah The Unbalanced Hotel (Hotel Tidak Seimbang) di Lima, Peru. Hotel ini didesain oleh perusahaan arsitektur asal Madrid, OOIIO.

Sebenarnya, hotel tersebut tepatnya berada di atas jurang yang mengarah ke laut. Lokasinya tak jauh dari ibu kota Peru, Lima.

Sekilas, desain bangunan hotel yang dibuat oleh OOIIO tampak seperti pigura foto yang ditancapkan miring di tepi pantai. Lokasinya seluas 16.070 m2 di tepi jurang. Kondisi tanah di bawah hotel ini justru digunakan, baik oleh para arsitek maupun pemilik hotel, sebagai salah satu daya tarik hotel tersebut. 

www.dezeen.com Tanpa desain yang tidak konvensional ini, keindahan laut justeru akan terhalang oleh bangunan hotel.
Selain itu, karena berada tidak jauh dari pusat kota, hotel ini siap menampung para tamu yang berkunjung atas berbagai jenis alasan, seperti berlibur, urusan bisnis atau diplomatik. Para tamu diharapkan dapat menikmati pengalaman unik dalam hotel berbintang lima ini. Selain itu, bentuknya yang unik juga ditujukan sebagai "pigura" Samudera Pasifik yang tenang. Tanpa desain yang tidak konvensional ini, keindahan laut justru akan terhalang oleh bangunan hotel.

www.dezeen.com Sebagian bangunan hotel ini tampak tenggelam dalam tanah
"Sebuah hotel dengan karakteristik dan dimensi seperti ini jika dibangun dengan cara tradisional akan menjadi penghalang visual," ujar sang arsitek dalam siaran persnya. 

"Namun, karena bentuk hotelnya yang unik, lanskap kini menjadi lebih relevan karena kami memberikan pigura baginya," tambahnya.

www.dezeen.com Sebagian bangunan hotel ini tampak "tenggelam" dalam tanah
Sebagian bangunan hotel ini tampak "tenggelam" di dalam tanah. Hotel yang terdiri dari 125 kamar ini juga memiliki restoran, ruang konferensi, ruang rapat, serta ruang pamer.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com