Politik dan Seni Bisa Berpadu di Sini...

Kompas.com - 21/08/2013, 10:28 WIB
Henning Larsen Architects memenangkan kompetisi mendesain pusat kegiatan masyarakat dan pusat media (media centre) di Stuttgart Castle Park. www.designboom.comHenning Larsen Architects memenangkan kompetisi mendesain pusat kegiatan masyarakat dan pusat media (media centre) di Stuttgart Castle Park.
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander
www.designboom.com Ruang publik yang disebut dengan Citizen and Media Centre ini membentuk lokasi dengan pintu masuk unik ke gedung parlemen di Baden-Württemberg.
www.designboom.com Citizens and Media Centre ini juga akan memiliki sebuah foyer, serta ruang konferensi dan pameran. Semua ruangan secara visual terhubung dengan bagian luar agora. Untuk alasan keamanan, area ini sepenuhnya dipisahkan dari bangunan parlemen.
www.designboom.com Untuk alasan keamanan, area ini sepenuhnya dipisahkan dari bangunan parlemen. Pemisahan ini memungkinkan Citizens and Media Centre dijadikan sebagai tempat mengadakan berbagai acara hingga larut malam, tanpa perlu mengganggu ketentraman gedung parlemen.
KOMPAS.com - Baru-baru ini, Henning Larsen Architects memenangkan kompetisi mendesain pusat kegiatan masyarakat dan pusat media (media centre) di Stuttgart Castle Park. Meski berperan sebagai pusat media yang seharusnya menampung berbagai peralatan canggih, Henning melakukan pendekatan berbeda. Firma arsitektur tersebut justuru membangun pusat media bertema "hijau".
 
Ruang publik yang disebut dengan Citizen and Media Centre tersebut membentuk lokasi dengan pintu masuk unik ke gedung parlemen di Baden-Württemberg. Setiap tahunnya, gedung parlemen tersebut menerima 65.000 pengunjung.
 
Ruang publik yang berada di area parlemen ini berbentuk seperti amphitheatre besar. Konstruksinya seolah "tenggelam" dalam tanah. Area di sekeliling lingkaran besar dipenuhi dengan rumput dan pepohonan rindang. Bentuk lingkaran ini memiliki makna khusus yang terkait erat dengan kegiatan politik dan proses demokrasi.
 
Sementara bentuk aphitheatre mengingatkan masyarakat pada ruang publik di zaman Yunani kuno, agora. Ruang-ruang seperti ini menjadi pusat bagi kegiatan politik dan kemasyarakatan. Kegiatan-kegiatan debat, pertemuan, dan pertunjukkan teater biasa bertempat di sini.
 
Citizens and Media Centre ini juga akan memiliki sebuah foyer, serta ruang konferensi dan pameran. Semua ruangan secara visual terhubung dengan bagian luar agora. Untuk alasan keamanan, area ini sepenuhnya dipisahkan dari bangunan parlemen. Pemisahan ini memungkinkan Citizens and Media Centre dijadikan sebagai tempat mengadakan berbagai acara hingga larut malam, tanpa perlu mengganggu ketentraman gedung parlemen.
 
Konstruksi unik seluas 2.800 meter persegi ini rencananya baru akan rampung pada 2015 mendatang.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X