Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsep Unik Komplek "Rumah Kembar"

Kompas.com - 20/08/2013, 15:16 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Rasanya, kedua hal itu mampu membuat kedua blok tersebut sebagai "kompleks kembar". Hanya masing-masing penghuni yang mampu memberikan ciri khas pada rumah-rumah tersebut.

Rumah-rumah yang disebut dengan nama AV Houses ini berada di pinggiran kota Sao Paulo, Brasil. Tepatnya di tepi jalan Joao Cruz. Pengaturan rumah-rumah ini seperti sebuah kompleks mungil di atas lahan seluas 640 m2. Kedelapan rumah tersebut berbagi satu pagar utama dan halaman yang sama. Menurut arsitek yang membuat rumah-rumah tersebut, dengan adanya halaman bersama, penghuni diharapkan saling bersosialisasi satu dengan yang lain.

www.dezeen.com Sekilas, karakter rumah ini tampak berbeda dengan rumah-rumah yang ada di sekitarnya. Tak seperti rumah-rumah di sekelilingnya, rumah ini memiliki atap yang tampak mendatar.
Sekilas, karakter rumah ini tampak berbeda dengan rumah-rumah yang ada di sekitarnya. Tak seperti rumah-rumah di sekelilingnya, rumah ini memiliki atap yang tampak mendatar.

Tak hanya itu. Berbeda dengan rumah-rumah lain yang mengaplikasikan berbagai warna mencolok pada fasad rumah, fasad rumah-rumah bergaya modern tersebut hanya dipenuhi oleh warna putih, aksen kayu pada pintu dan jendela.

www.dezeen.com Tak hanya itu. Berbeda dengan rumah-rumah lain yang mengaplikasikan berbagai warna mencolok pada fasad rumah, fasad rumah-rumah bergaya modern tersebut hanya dipenuhi oleh warna putih, aksen kayu pada pintu dan jendela.

Setiap rumah juga memiliki satu jendela kaca setinggi dua lantai pada salah satu sudutnya. Keindahan sederhana yang dipancarkan oleh rumah-rumah tersebut merupakan karya perusahaan arsitektur lokal bernama Corsi Hirano Arquitetos.

Tidak hanya bagian luar yang benar-benar dipertimbangkan oleh para arsitek, bagian dalam rumah-rumah tersebut juga mendapat perhatian khusus. Agar penghuni dapat leluasa beradaptasi dengan rumahnya, para arsitek membuat agar interior rumah-rumah tersebut berkonsep terbuka (open-plan).

www.dezeen.com Setiap rumah memiliki ruang terbuka di lantai dasar, dua kamar tidur dan sebuah kamar mandi di lantai atas. Penghuni rumah juga akan memiliki taman berukuran kecil dan sebuah ruang shower di belakang rumah. Semua ini terangkum dalam rumah yang masing-masing berukuran 74 m2.
Setiap rumah memiliki ruang terbuka di lantai dasar, dua kamar tidur dan sebuah kamar mandi di lantai atas. Penghuni rumah juga akan memiliki taman berukuran kecil dan sebuah ruang shower di belakang rumah. Semua ini terangkum dalam rumah yang masing-masing berukuran 74 m2.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com