Konsep Unik Komplek "Rumah Kembar"

Kompas.com - 20/08/2013, 15:16 WIB
Pengaturan rumah-rumah ini seperti sebuah kompleks mungil di atas lahan seluas 640 m2. Kedelapan rumah tersebut berbagi satu pagar utama dan halaman yang sama. Menurut arsitek yang membuat rumah-rumah tersebut, dengan adanya halaman bersama, penghuni diharapkan saling bersosialisasi satu dengan yang lain. www.dezeen.comPengaturan rumah-rumah ini seperti sebuah kompleks mungil di atas lahan seluas 640 m2. Kedelapan rumah tersebut berbagi satu pagar utama dan halaman yang sama. Menurut arsitek yang membuat rumah-rumah tersebut, dengan adanya halaman bersama, penghuni diharapkan saling bersosialisasi satu dengan yang lain.
Penulis Tabita Diela
|
EditorLatief
KOMPAS.com - Rasanya, kedua hal itu mampu membuat kedua blok tersebut sebagai "kompleks kembar". Hanya masing-masing penghuni yang mampu memberikan ciri khas pada rumah-rumah tersebut.

Rumah-rumah yang disebut dengan nama AV Houses ini berada di pinggiran kota Sao Paulo, Brasil. Tepatnya di tepi jalan Joao Cruz. Pengaturan rumah-rumah ini seperti sebuah kompleks mungil di atas lahan seluas 640 m2. Kedelapan rumah tersebut berbagi satu pagar utama dan halaman yang sama. Menurut arsitek yang membuat rumah-rumah tersebut, dengan adanya halaman bersama, penghuni diharapkan saling bersosialisasi satu dengan yang lain.

www.dezeen.com Sekilas, karakter rumah ini tampak berbeda dengan rumah-rumah yang ada di sekitarnya. Tak seperti rumah-rumah di sekelilingnya, rumah ini memiliki atap yang tampak mendatar.
Sekilas, karakter rumah ini tampak berbeda dengan rumah-rumah yang ada di sekitarnya. Tak seperti rumah-rumah di sekelilingnya, rumah ini memiliki atap yang tampak mendatar.

Tak hanya itu. Berbeda dengan rumah-rumah lain yang mengaplikasikan berbagai warna mencolok pada fasad rumah, fasad rumah-rumah bergaya modern tersebut hanya dipenuhi oleh warna putih, aksen kayu pada pintu dan jendela.

www.dezeen.com Tak hanya itu. Berbeda dengan rumah-rumah lain yang mengaplikasikan berbagai warna mencolok pada fasad rumah, fasad rumah-rumah bergaya modern tersebut hanya dipenuhi oleh warna putih, aksen kayu pada pintu dan jendela.

Setiap rumah juga memiliki satu jendela kaca setinggi dua lantai pada salah satu sudutnya. Keindahan sederhana yang dipancarkan oleh rumah-rumah tersebut merupakan karya perusahaan arsitektur lokal bernama Corsi Hirano Arquitetos.

Tidak hanya bagian luar yang benar-benar dipertimbangkan oleh para arsitek, bagian dalam rumah-rumah tersebut juga mendapat perhatian khusus. Agar penghuni dapat leluasa beradaptasi dengan rumahnya, para arsitek membuat agar interior rumah-rumah tersebut berkonsep terbuka (open-plan).

www.dezeen.com Setiap rumah memiliki ruang terbuka di lantai dasar, dua kamar tidur dan sebuah kamar mandi di lantai atas. Penghuni rumah juga akan memiliki taman berukuran kecil dan sebuah ruang shower di belakang rumah. Semua ini terangkum dalam rumah yang masing-masing berukuran 74 m2.
Setiap rumah memiliki ruang terbuka di lantai dasar, dua kamar tidur dan sebuah kamar mandi di lantai atas. Penghuni rumah juga akan memiliki taman berukuran kecil dan sebuah ruang shower di belakang rumah. Semua ini terangkum dalam rumah yang masing-masing berukuran 74 m2.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X