Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selamat Tinggal Panel Solar "Konvensional"!

Kompas.com - 20/08/2013, 11:57 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com — Mungkin, kini waktunya mengucapkan selamat tinggal pada panel solar konvensional. Pasalnya, www.designboom.com baru saja merilis desain panel solar dengan bentuk baru yang mampu lebih menyatu dengan konstruksi rumah.

Panel solar yang diproduksi oleh SolTech Energy ini memiliki bentuk menyerupai genting. SolTech Energy menyebut penemuan ini dengan nama Techo Solar yang merupakan bagian dari solusi SolTech System.

www.designboom.com Panel solar yang diproduksi oleh SolTech Energy ini memiliki bentuk menyerupai genting. SolTech Energy menyebut penemuan ini dengan nama Techo Solar yang merupakan bagian dari solusi SolTech System.
Sistem panel solar ini pada dasarnya didesain untuk negara-negara Mediterania dan Arab, seperti Spanyol dan Arab Saudi. Negara-negara tersebut memiliki sistem atap mirip dengan Indonesia.

Situs resmi SolTech Energy menyampaikan, "Sekilas, sistem (Techo Solar) terdiri dari genting kaca kuat tembus pandang yang berisi sistem insulasi solar yang digabung untuk mengubah energi matahari juga menyediakan insulasi tambahan bagi bangunan apa pun."

Plug and play

www.designboom.com Seperti dilansir Designboom, genting kaca ini dibuat dari kaca tembus pandang dengan tingkat besi oksida yang rendah. Dan, ternyata, teknologi ini sudah mulai dipasarkan pada 2010 lalu.
Seperti dilansir Designboom, genting kaca ini dibuat dari kaca tembus pandang dengan tingkat besi oksida yang rendah. Dan, ternyata, teknologi ini sudah mulai dipasarkan pada 2010 lalu.

Tepatnya pada November 2010, teknologi yang sama sudah dipasang di Sekolah Dasar Malmsjo. Malmsjo berada di daerah Botkyrka, selatan Stockholm, Swedia. Sistem SolTech yang digunakan oleh sekolah ini mencapai luas total 320 m2 untuk dua gedung sekolah.

www.designboom.com Panel solar unik ini bisa segera diintegrasikan dengan kolam renang, pemanas domestik, dan berbagai kebutuhan lainnya.
Tidak hanya untuk gedung-gedung publik yang lebih mengutamakan fungsi ketimbang estetika, situs resmi SolTech Energy secara spesifik juga menyebutkan bahwa produknya bisa digunakan dengan cantik di lokasi-lokasi unik.

Sistem "plug and play" memudahkan penggunanya untuk segera mengintegrasikan genting tersebut pada lokasi-lokasi yang sebelumnya tidak mungkin dipilih jika menggunakan panel solar biasa. Panel solar unik ini bisa segera diintegrasikan dengan kolam renang, pemanas domestik, dan berbagai kebutuhan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com