Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Takut Bau Cuka? Pakai Belimbing Wuluh, Dijamin Ampuh!

Kompas.com - 02/08/2013, 12:07 WIB
M Latief

Penulis

KOMPAS.com - Belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi L) cukup ampuh membersihkan noda membandel di permukaan bidang kaca atau cermin, lantai marmer, atau keramik. Karena alami, belimbing wuluh juga aman bagi kesehatan.

Untuk kegiatan bersih-bersih rumah jelang lebaran ini, tak ada salahnya Anda menggunakan pembersih alami ini. Di pasar tradisional, harganya tak sampai Rp 5000 per kilo! Simak langkah-langkah menggunakannya berikut ini:

- Pilih belimbing wuluh yang sudah matang, tapi jangan terlalu muda atau terlalu tua. Terlalu muda kurang baik, karena kadar asamnya sedikit. Sebaliknya, kadar asam pada belimbing yang terlalu tua sudah berkurang.

- Ambil dua belimbing untuk membersihkan kaca atau keramik berukuran sedang. Kupas kulitnya, kemudian gosok secara berulang-ulang dan merata ke permukaan kaca atau keramik.

- Setelah itu, biarkan selang beberapa menit. Kadar asam belimbing akan bekerja mengelupaskan semua noda dan kotoran.

- Setelah didiamkan beberapa menit, gunakan sikat untuk menggosok sisa gerusan belimbing wuluh tadi. Khusus untuk membersihkan kaca, semprotkan air sedikit demi sedikit sambil menggosoknya.

- Agar tidak meninggalkan goresan, khusus membersihkan keramik sebaiknya memakai sikat gigi, sedikit sabun dan tambahkan air.

- Gunakan lap basah untuk menggosok keramik secara perlahan. Kemudian, gunakan lap kering dan tekan perlahan-lahan untuk mengeringkannya.

Selamat bersih-bersih!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com