Kompas.com - 02/08/2013, 12:07 WIB
Penulis M Latief
|
Editor M Latief

KOMPAS.com - Belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi L) cukup ampuh membersihkan noda membandel di permukaan bidang kaca atau cermin, lantai marmer, atau keramik. Karena alami, belimbing wuluh juga aman bagi kesehatan.

Untuk kegiatan bersih-bersih rumah jelang lebaran ini, tak ada salahnya Anda menggunakan pembersih alami ini. Di pasar tradisional, harganya tak sampai Rp 5000 per kilo! Simak langkah-langkah menggunakannya berikut ini:

- Pilih belimbing wuluh yang sudah matang, tapi jangan terlalu muda atau terlalu tua. Terlalu muda kurang baik, karena kadar asamnya sedikit. Sebaliknya, kadar asam pada belimbing yang terlalu tua sudah berkurang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

- Ambil dua belimbing untuk membersihkan kaca atau keramik berukuran sedang. Kupas kulitnya, kemudian gosok secara berulang-ulang dan merata ke permukaan kaca atau keramik.

- Setelah itu, biarkan selang beberapa menit. Kadar asam belimbing akan bekerja mengelupaskan semua noda dan kotoran.

- Setelah didiamkan beberapa menit, gunakan sikat untuk menggosok sisa gerusan belimbing wuluh tadi. Khusus untuk membersihkan kaca, semprotkan air sedikit demi sedikit sambil menggosoknya.

- Agar tidak meninggalkan goresan, khusus membersihkan keramik sebaiknya memakai sikat gigi, sedikit sabun dan tambahkan air.

- Gunakan lap basah untuk menggosok keramik secara perlahan. Kemudian, gunakan lap kering dan tekan perlahan-lahan untuk mengeringkannya.

Selamat bersih-bersih!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.