Kompas.com - 31/07/2013, 15:17 WIB
Trik membuat warna biru dapat digunakan di ruang makan adalah gacekdesigngroupTrik membuat warna biru dapat digunakan di ruang makan adalah "meredam" kesan dinginnya. Biru tersedia dalam nuansa yang sangat ringan hingga gelap. Memadukan warna biru dengan kayu, misalnya, dapat membuatnya terkesan lebih hangat.
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander

kristie barnet Cobalah perpaduan bernuansa laut dan langit. Biru muda yang lembut di satu dinding, warna krem di dinding lain, serta sedikit sentuhan hijau dari keramik mozaik.

roy campana Bagi Anda yang lebih menyukai warna-warna mencolok ketimbang bernuansa pastel, gunakan biru kehijauan (turquoise). Padukan dengan lantai kayu berwarna gelap, dinding krem, serta perabot berwarna putih.
KOMPAS.com — Restoran cepat saji yang menggunakan warna merah sebagai nuansa utama ruang restorannya tidak sekadar untuk menarik perhatian. Kecenderungan ini berasal dari berbagai penelitian yang mengasosiasikan merah dengan stimulan selera makan. Sebagai warna yang begitu menonjol, warna merah pun mampu menarik perhatian bagi restoran. Namun, hal berbeda ternyata berlaku di rumah tinggal.

Di rumah tinggal, ruang makan pada umumnya terhubung secara langsung dengan dapur. Menurut Kate Smith, konsultan warna dari Lorton, Virginia, Amerika Serikat, warna biru cocok digunakan di dapur.

"Jika Anda tumbuh di dapur dengan warna biru dan putih, Anda akan memiliki kenangan-kenangan indah. Biru dan putih kemungkinan besar merupakan warna terbaik bagi Anda dan keluarga," ujarnya. Jadi, biru tampaknya cocok juga digunakan di ruang makan.

Trik membuat warna biru dapat digunakan di ruang makan adalah "meredam" kesan dinginnya. Biru tersedia dari nuansa yang sangat ringan hingga gelap. Memadukan warna biru dengan kayu, misalnya, dapat membuatnya terkesan lebih hangat.

Cobalah perpaduan bernuansa laut dan langit. Biru muda yang lembut di satu dinding, warna krem di dinding lain, serta sedikit sentuhan hijau dari keramik mozaik. Biru langit juga bisa Anda padukan dengan warna abu-abu. Gunakan abu-abu pada lantai dan furnitur, lalu "hangatkan" ruangan dengan aksen kayu pada plafon.

Gunakan cat biru muda pada plafon. Cara ini akan membuat plafon terasa lebih tinggi dan ruangan terasa lebih luas. Padukan plafon biru muda pada ruang makan dengan dinding putih dan lantai kayu berwarna terang.

Bagi Anda yang lebih menyukai warna-warna mencolok ketimbang bernuansa pastel, gunakan  biru kehijauan (turquoise). Padukan dengan lantai kayu berwarna gelap, dinding krem, serta perabot berwarna putih. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan warna biru tua kehitaman, atau biru donker. Seimbangkan dengan warna-warna terang seperti putih, dan sediakan banyak sinar matahari ke ruang makan tersebut.

Biru muda juga sebetulnya dapat dikreasikan lebih mencolok. Padukan saja biru muda dengan aksen kayu dan kursi berwarna merah mencolok. Namun, jika Anda tidak percaya diri menggunakan warna-warna mencolok, gunakan saja yang cenderung netral serta aksesori terjangkau.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.