Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Mana Anda Meletakkan Wastafel Kedua?

Kompas.com - 12/06/2013, 10:53 WIB

KOMPAS.com - Memiliki wastafel atau sink di dapur adalah hal mendasar. Namun, memiliki sink kedua di dapur ternyata tidak kalah penting, terutama bagi dapur-dapur berukuran besar atau dapur yang diperuntukkan bagi dua koki.

Wastafel tambahan ini mampu memudahkan kegiatan memasak. Sayangnya, penempatan wastafel yang tidak tepat dapat membuat dapur tampak tidak menyenangkan. Berikut ini lokasi-lokasi wastafel untuk Anda pertimbangkan, dan tentunya, agar tidak merusak pemandangan dalam dapur.

Island

Kitchen island atau meja di tengah-tengah dapur sering menjadi pilihan para desainer interior dalam menempatkan wastafel. Penggunaan kitchen island memudahkan aktifitas memasak bagi dua koki, terutama dalam acara-acara santai berkumpul keluarga sembari berbincang yang umumnya berpusat di dapur.

Untuk dapur-dapur berbentuk U atau L, alih-alih memiliki kitchen island, Anda mungkin akan memiliki meja dapur yang disebut dengan peninsula. Sama seperti kitchen island, konsep peninsula juga menjadi lokasi menarik untuk wastafel.

Pojok kerja

Jika Anda memiliki hobi atau bidang memasak tertentu yang Anda suka, jangan ragu membuat "pojok kerja" khusus. Gunakan salah satu sudut dapur Anda dan buatlah area tersebut sebagai area kerja khusus.

Sebagai contoh, Anda bisa membuat "pojok membuat kue" berisi berbagai keperluan memanggang kue. Anda juga bisa membuat area khusus membuat kopi atau sarapan pagi. Tentunya, di tempat "pojok kerja" ini Anda bisa menempatkan sebuah sink tambahan.

Butler's pantry

Selain di "pojok kerja" yang sebenarnya masih ada di area dapur, Anda juga bisa menempatkan sink dalam butler's pantry. Anda tidak perlu mempekerjakan seorang butler atau pelayan profesional untuk memiliki butler's pantry. Buatlah butler's pantry atau dapur mungil di tempat Anda menyimpan persediaan makanan dan minuman. Cara ini sangat praktis ketika Anda tengah menjamu tamu.

Namun, jika butler's pantry terlalu mewah, rumit, dan membutuhkan ruang yang terlalu banyak, Anda bisa membuat wet bar di ruang makan. Jadikan wet bar tersebut tempat khusus untuk menyiapkan minuman bagi tamu Anda.

Di sebelah sink utama

Terakhir, Anda bisa menempatkannya tepat di sebelah wastafel utama. Anda tidak perlu memilih wastafel berukuran lebih kecil dari wastafel utama. Memiliki dua wastafel dalam bentuk, ukuran, dan model yang sama juga tidak merusak pemandangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com