Kompas.com - 31/07/2013, 03:56 WIB
Langkah pertama, kosongkan lemari es. Keluarkan bahan-bahan makanan yang mungkin membusuk dan berbau tajam, seperti sayuran, buah-buahan, ikan, dan daging. www.shutterstock.comLangkah pertama, kosongkan lemari es. Keluarkan bahan-bahan makanan yang mungkin membusuk dan berbau tajam, seperti sayuran, buah-buahan, ikan, dan daging.
EditorLatief
KOMPAS.comLemari es memiliki peran penting di rumah. Pasalnya, di sinilah berbagai bahan makanan disimpan. Tak heran, benda ini membutuhkan perhatian lebih saat akan ditinggalkan dalam waktu lama.

Saat mudik di hari raya ini, misalnya. Untuk menghindari bau tak sedap dan tumbuhnya jamur, lemari es perlu dibersihkan, paling tidak sehari sebelum Anda dan keluarga pergi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, tak seperti kegiatan membersihkan perabot biasa, ada beberapa langkah ekstra perlu dilakukan. Agar lebih jelas, simak beberapa langkahnya di bawah ini:

-Kosongkan lemari es. Keluarkan bahan-bahan makanan yang mungkin membusuk dan berbau tajam, seperti sayuran, buah-buahan, ikan, dan daging.

www.shutterstock.com Untuk mencegah bau tak sedap, siapkan wadah berisi baking soda atau bubuk vanili. Letakkan wadah di bagian dalam lemari es.

- Jika lemari es Anda belum memiliki teknologi no frost yang dapat mencegah timbulnya bunga es, bersihkan freezer dari bunga es.

- Setelah lemari es dalam keadaan kosong, matikan aliran listriknya.

- Selanjutnya, bersihkan setiap permukaannya, bagian dalam dan luar. Pastikan setiap permukaannya dalam keadaan kering.

- Untuk mencegah bau tak sedap, siapkan wadah berisi baking soda atau bubuk vanili. Letakkan wadah di bagian dalam lemari es.

- Biarkan pintu lemari es sedikit terbuka, selama ditinggalkan, sehingga terjadi sirkulasi udara yang baik. Cara ini juga salah satu usaha menghindarkan lemari es Anda dari bau tak sedap.

Selamat bekerja!

(Anissa Q. Aini)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Sumber IDEA
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.