Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Saluran Tak Tersumbat dan Bikin Repot

Kompas.com - 30/07/2013, 13:07 WIB
KOMPAS.com - Walaupun sudah disediakan bak penangkap lemak, masalah penyumbatan kemungkinan tetapi terjadi. Anda harus siap-siap menyambut hari raya nanti, jangan sampai urusan mampet bak cuci membuat repot.

Untuk meminimalkan risiko tersebut, ada beberapa hal perlu Anda perhatikan. Simak berikut ini:

- Gunakan saringan yang berjeruji rapat pada bak cucian dapur (sink). Ini merupakan saringan pertama yang menyortir apa saja yang akan dibuang melalui saluran.

www.houzz.com Limbah cair di rumah tangga yang berasal dari sink dapur dan floor drain kamar mandi disebut dengan greywater. Air limbah ini mencakup 60 persen dari seluruh limbah cair di rumah tangga. Dengan jumlah itu, alangkah baiknya limbah ini dapat dimanfaatkan ulang. Misalnya, dengan
- Jangan lupa, bersihkan saringan ini setiap hari agar sisa makanan yang menempel tidak sempat membusuk dan berbau.

- Pada saat membuat saluran pembuangan, usahakan sesedikit mungkin ada lekukan. Sambungan yang berbelok memperbesar kemungkinan terjadinya endapan dan sumbatan.

- Perhatikan juga kemiringan pipa pembuangan. Kemiringan yang disyaratkan untuk pipa pembuangan air limbah dapur adalah 2 persen.

- Agar mudah dilakukan pengecekan, buat bak penangkap lemak sedekat mungkin dengan rumah. Semakin dekat jarak dengan sink, semakin kecil kemungkinan terjadi penggumpalan, karena minyak dan benda padat lain cepat tersaring.

Limbah cair di rumah tangga yang berasal dari sink dapur dan floor drain kamar mandi disebut dengan greywater. Air limbah ini mencakup 60 persen dari seluruh limbah cair di rumah tangga. Dengan jumlah itu, alangkah baiknya limbah ini dapat dimanfaatkan ulang. Misalnya, dengan menggunakan air cucian sayur dan buah untuk menyiram tanaman. (Fransisca Wungu) 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com