Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Susu, Tanaman Hias Kembali Segar!

Kompas.com - 30/07/2013, 13:42 WIB
KOMPAS.com - Susu sebagai penyempurna dan penyeimbang gizi manusia memang tidak asing lagi. Namun, ternyata susu punya kegunaan lain, khususnya untuk tanaman hias!

Daun kotor seringkali jadi masalah pada tanaman hias jenis daun. Daun seringkali kotor karena debu menempel di permukaannya. Bila dibiarkan, daun jadi kusam dan kehilangan pesonanya.

Akumulasi kotoran tersebut juga membuat daun kehilangan kemampuan untuk menyerap sinar matahari, yang pada akhirnya menggangu proses fotosintesis. Itu artinya mengurangi energi pertumbuhan.

www.shutterstock.com Akumulasi kotoran tersebut juga membuat daun kehilangan kemampuan untuk menyerap sinar matahari, yang pada akhirnya menggangu proses fotosintesis. Itu artinya mengurangi energi pertumbuhan.
Untuk membuat tanaman tampak segar dan cerah, Anda dapat menggunakan susu bubuk yang dicairkan. Ini salah satu cara bisa dilakukan, terutama untuk Anda yang akan pergi mudik dan meninggalkan tanaman-tanaman hias Anda cukup lama. Anda bisa melakukan pembersihan pada saat cuaca baik sehingga daun segera kering. Simak caranya: 

Bahan yang dibutuhkan:

1. Satu gelas susu bubuk  yang dicairkan

2. Kapas

www.houzz.com Akumulasi kotoran tersebut juga membuat daun kehilangan kemampuan untuk menyerap sinar matahari, yang pada akhirnya menggangu proses fotosintesis. Itu artinya mengurangi energi pertumbuhan.
Langkah pengerjaan:

- Masukan kapas ke dalam susu.

- Lap daun satu persatu dengan lembut.

- Setelah mengelap seluruh daun, keringkan menggunakan kapas yang bersih. Daun tanaman Anda akan tampak kembali segar dan mengilap.

Simpel, kan? Selamat mencoba!

(Richardus Setia Gunawan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber IDEA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com