Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hidup Serba Ringkas di Rumah Mikro Seharga Rp 270 Juta!

Kompas.com - 30/07/2013, 12:15 WIB
Latief

Penulis

Sumber Dailymail
KOMPAS.com - Rumah sangat mungil berbahan kayu ini dinamai dengan Diogene. Dengan ruang keluarga seluas 2,5 meter dari 3 meter luas sebenarnya, interior di dalamnya serba ringkas mengisi ruang tengah (keluarga), shower, tempat tidur, serta lemari penyimpan. 

www.dailymail.co.uk Interior di dalamnya dibuat sedemikian rupa untuk dua kegunaan di ruang keluarga, seperti misalnya sofabed, meja lipat, serta kompartemen lemari penyimpan.
Diogene dibuat oleh Renzo Piano, arsitek yang mendesain The Shard di London. Terkenal setelah mendesain gedung pencakar langit tertinggi di Eropa itu, desainer asal Italia itu kini mencoba "turun level" untuk mendesain rumah rumah tipis sebesar 6 meter persegi yang hanya cukup untuk satu dapur, area shower, kamar tidur, serta lemari penyimpan.

www.dailymail.co.uk Diogene dibuat oleh Renzo Piano, arsitek yang mendesain The Shard di London.
Dibuat di Vitra Campus, Jerman, bagian depan rumah berstruktur kayu ini meliputi ruang keluarga, yang berbatasan dengan kamar mandi sebagai bagian paling belakang ruangan ini. Hebatnya, rumah sangat mungil ini sistem pengairan otomatis untuk menampung dan mengolah air hujan. Cara kerja sistem ini pun sangat hemat energi karena didukung dengan tenaga surya.

Interior di dalamnya dibuat sedemikian rupa untuk dua kegunaan di ruang keluarga, seperti misalnya sofabed, meja lipat, serta kompartemen lemari penyimpan. Sementara di bagian belakang rumah, tepat di balik partisi, adalah dapur kecil dengan kompor listrik dan kulkas, sebuah shower dan toilet, serta tambahan lemari penyimpan.

www.dailymail.co.uk Rumah tipis sebesar 6 meter persegi yang hanya cukup untuk satu dapur, area shower, kamar tidur, serta lemari penyimpan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com