Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nih... Rak-rak "Cerdas", Fleksibel Menyesuaikan Ukuran Ruang!

Kompas.com - 30/07/2013, 21:18 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Tidak jarang, rak-rak penyimpanan berfungsi lebih dari sekedar ruang penyimpanan. Rak-rak ini dapat dimanfaatkan juga sebagai hiasan atau partisi ruangan.

Tak banyak berbeda dengan penggunaan rak pada umumnya, rak yang didesain oleh Stephanie Hornig berikut ini juga bisa digunakan sebagai salah satu aksen penghias ruangan, partisi, dan tentu saja, untuk menyimpan berbagai jenis barang. Bedanya, rak karya Hornig memiliki ukuran fleksibel.

www.dezeen.com Rak ini dapat diatur sesuai dengan ukuran yang tersedia. Menurut sang kreator, rak yang disebut
Rak ini dapat diatur sesuai dengan ukuran yang tersedia. Menurut sang kreator, rak yang disebut "The Set" tersebut terbuat dari kayu Beech dan besi. Kayu digunakan sebagai penyangga, sementara besi digunakan sebagai alas rak. Kayu kemudian dirakit hingga membentuk wajik-wajik atau gunting.

"Lempengan besi dipotong secara strategis hingga dapat dipasang pada sumbu-sumbu (penyangga) struktur yang lentur hingga dapat dipasang pas pada posisi," tulis Hornig di situs pribadinya.

Sebenarnya, ukuran rak sangat bergantung pada lempengan alas rak yang terbuat dari besi tersebut. Seperti penjelasan Hornig, tepian alas rak telah dipotong sebagai "dudukan" rangka kayu. Semakin besar alas rak, semakin besar rentangan rangka kayu, semakin besar pula ukuran "The Set".

www.dezeen.com Tepian alas rak telah dipotong sebagai
Sang desainer juga menyediakan empat ukuran alas rak. Dengan variasi ini, pemiliknya dapat bebas mengatur bentuk serta ukuran raknya.

Desainer produk lahir di Austria ini juga mengungkapkan bahwa karya-karyanya terinspirasi dari struktur "kepangan". Hornig ingin merancang benda-benda yang bisa merenggang, baik itu benda dua dimensi atau tiga dimensi. Sistem rak ini didasari pada prinsip poros gunting. Hanya saja, sumbunya diperpanjang agar ada ruang bagi permukaan rak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com