Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Curch Walk Project", Empat Bangunan Dalam Satu Area Sempit

Kompas.com - 30/07/2013, 10:30 WIB
Tabita Diela

Penulis


KOMPAS.com -
Kreativitas memungkinkan munculnya sebuah karya di luar arus utama (mainstream). Hal ini juga yang dilakukan arsitek David Mikhail dan Annalie Riches. Keduanya merancang "Church Walk Housing Project". Proyek ini merupakan empat hunian ringkas, penuh cahaya, bersirkulasi udara baik, di lokasi yang tidak ideal, tepatnya di bekas tempat pembuangan sampah di Church Walk, Stoke Newington, utara London.

Bangunan berteras yang mereka garap ini tampak seperti satu kesatuan. Sebenarnya, dalam satu bentuk masif terdapat tiga level berbeda, dengan tiga rumah dan satu apartemen. Meski dibangun di area dengan kepadatan 160 hunian per hektar, bangunan ini tampak berbeda dan cantik. Ketiga rumah di dalamnya seluas 90 meter persegi hingga 102 meter persegi, sementara apartemennya hanya 42 meter persegi.

Hebatnya, masing-masing rumah memiliki tamannya sendiri dan balkon serta teras cukup luas. Selain itu, bentuk yang menyerupai terasering (bertingkat-tingkat) membuat interaksi atau gangguan dari tetangga dapat dikurangi.

Masing-masing hunian tidak hanya memiliki jendela pada sisi vertikal dindingnya. Sinar matahari juga dapat masuk melewati bagian langit-langit rumah. Dengan kata lain, pemilik rumah dapat meminimalisasi penggunaan lampu pada siang hari, memanfaatkan kenyamanan sinar matahari, tanpa perlu kehilangan privasinya.

Dengan keterbatasan ruang yang ada, David Mikhail memperkirakan adanya keterbatasan pada tinggi masing-masing rumah. Dengan kedekatan situs pada lingkungan, artinya bangunan ini hanya akan memiliki tinggi dua meter. Bentuk geometri tanah yang aneh dapat mencegah orang lain di sekitar melihat ke dalam rumah.

Mereka juga memaksimalkan area berukuran kecil dengan menggunaan beberapa ketinggian berbeda pada plafon rumah. Ada beberapa area yang tidak membutuhkan plafon tinggi, seperti ruang keluarga dan ruang tidur. Namun, ada juga ruang lain seperti dapur dan ruang makan yang nyaman dengan plafon tinggi. Skema ini mencoba merengkuh cahaya dan pemandangan sekaligus. Situs berukuran kecil dan padat dapat menambah nilainya karena daya guna aset yang ada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com