Kompas.com - 26/07/2013, 16:55 WIB
EditorLatief
KOMPAS.com - Memiliki dapur mungil kadang lebih praktis. Namun demikian, jangan abaikan hal-hal mendasar dalam pemanfaatan area dapur mungil agar ruangan ini tetap nyaman, terutama di hari raya lebaran nanti.

Untuk mewujudkannya, simak 6 caranya berikut ini:

Ruang kosong

Jangan biarkan ruang kosong terbuang percuma. Manfaatkanlah setiap ruang di dapur dengan efektif dan maksimal.

www.houzz.com Letakkan peralatan dapur dan peranti makan yang sering digunakan pada tempat yang mudah terjangkau. Selain dapat menghemat waktu, dapur akan menjadi bersih.
Terjangkau

Letakkan peralatan dapur dan peranti makan yang sering digunakan pada tempat yang mudah terjangkau. Selain dapat menghemat waktu, dapur akan menjadi bersih.

Penyimpan

Manfaatkan laci-laci untuk menyimpan perlengkapan dapur dan makan seperti pisau, sendok, garpu dan pernak-pernik lainnya. Ini bermanfaat dalam pencarian jika diperlukan.

www.houzz.com Manfaatkan laci-laci untuk menyimpan perlengkapan dapur dan makan seperti pisau, sendok, garpu dan pernak-pernik lainnya. Ini bermanfaat dalam pencarian jika diperlukan.
Kompor

Anda pun dapat menggunakan kompor tanam dengan oven menempel di bawahnya untuk menyiasati ruang.

Saluran air dan udara

Beri ventilasi atau jendela yang cukup agar pertukaran udara lebih lancar dan sinar matahari bebas masuk. Perhatikan pula saluran air dan pembuangan sampahnya sehingga kebersihan dan kesehatannya terjamin.

www.houzz.com Beri ventilasi atau jendela yang cukup agar pertukaran udara lebih lancar dan sinar matahari bebas masuk. Perhatikan pula saluran air dan pembuangan sampahnya sehingga kebersihan dan kesehatannya terjamin.
Di bawah kompor gas dan tempat cuci (sink) dapat dibuatkan lemari untuk menyimpan peralatan masak yang berukuran besar. (Satya Nita Pratama)
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.