Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Selipan" Jendela untuk Dapur Sehat Anda

Kompas.com - 15/05/2013, 10:48 WIB
Tabita Diela,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memasak merupakan salah satu kegiatan yang membutuhkan banyak cahaya. Karena itu, wajar bila Anda membutuhkan lebih banyak sumber penerangan. Sediakan beberapa sumber penerangan artifisial di dalam dapur, baik yang menyorot meja dapur, maupun penerangan pembantu pemberi "mood".

Di malam hari, Anda dapat menyalakan semua lampu tersebut untuk memudahkan beraktivitas. Namun, di siang hari sebaiknya memaksimalkan cahaya matahari. Selain mengurangi konsumsi listrik, tentunya cahaya matahari lebih segar dan sehat bagi Anda.

Jika dapur Anda menempel pada dinding terluar rumah, tidak ada salahnya menempatkan jendela "selipan" di antara meja dapur dan lemari dapur Anda. Alih-alih menempelkan "backsplash", memberikan jendela di area tersebut juga cantik dan bisa memberikan ekstra cahaya di siang hari.

Berikut ini beberapa contoh untuk Anda.

Dari ujung ke ujung

Jika dapur Anda berukuran kecil, desain ini bisa Anda gunakan. Buatlah jendela dari ujung dapur ke ujung lainnya. Dengan kata lain, seluruh dinding dapur Anda memiliki "celah" yang dapat memasukkan cahaya matahari.

Kaca "beku"

Aksen "beku" (frosted) di kaca juga bisa digunakan pada kaca dapur. Terlebih, jika Anda membutuhkan privasi lebih. Kaca jenis ini mampu memberikan cahaya dari luar, namun orang dari luar tidak dapat melihat apa yang terjadi di dalam dapur Anda.

Mengatasi dinding tinggi

Ketinggian "backsplash" umumnya berukuran sekitar 45 cm. Namun, jika dinding dapur berukuran terlalu tinggi, dengan jendela dapur Anda dapat meningkatkan "backsplash" tanpa membuat dapur terasa terlalu jenjang. Besarkan lebar jendela, pasang lemari dapur tidak jauh dari jendela tersebut. Tapi ingat, kemungkinan besar ketinggian lemari dapur tidak ideal bagi Anda. Oleh karena itu dibutuhkan kursi untuk meraih barang-barang di dalam lemari.

Dapur dan jendela pojok

Memiliki jendela di sepanjang dapur akan memberikan kesan unik pada rumah, terlebih jika kebetulan dapur Anda berada di sudut rumah. Selain unik, hal ini juga memberikan kesan lebih luas.

Sirkulasi udara

Jendela dapur juga bisa menjadi alternatif solusi untuk sirkulasi udara. Meski pada umumnya jendela dapur yang menjadi "backsplash" tidak dapat dibuka-tutup, tidak ada salahnya Anda mencoba sesuatu yang baru. Penambahan sirkulasi juga bisa membantu ketika dapur Anda penuh asap.

"Glass block"

Terakhir, solusi ini cocok bagi Anda yang tetap ingin memiliki dinding kokoh tanpa mengorbankan terangnya sinar matahari. Gunakan "glass block" sebagai jendela di antara meja dan lemari dapur Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com