Kompas.com - 19/07/2013, 11:01 WIB
Kaca film tidak hanya dapat diaplikasikan pada bidang kaca mobil, juga kaca jendela rumah, gedung perkantoran dan apartemen. www.dezeen.comKaca film tidak hanya dapat diaplikasikan pada bidang kaca mobil, juga kaca jendela rumah, gedung perkantoran dan apartemen.
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan kaca film kini tak sebatas pada dunia otomotif, melainkan bisa digunakan untuk melapisi apa pun termasuk properti.

Menyebarnya bidang aplikasi untuk kaca film tak lepas dari berbagai keunggulan seperti mereduksi paparan sinar ultraviolet, tahan gores, melindungi kaca dan kemudahan serta kepraktisan pemasangan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Direktur PT Makko Raya Cemerlang, Chistopher Sebastian, selaku distributor kaca film asal Jepang, Masterpiece, mengatakan kaca film dapat diaplikasikan pada bidang apa pun. Termasuk jendela rumah, apartemen atau perkantoran. Kaca film terbukti dapat membuat suasana dalam ruangan lebih "adem" karena fungsinya tadi, mereduksi paparan sinar matahari.

"Perawatan jendela berlapis kaca film pun sangat mudah dan murah. Pemilik rumah hanya perlu menyediakan beberapa perlengkapan yang umum dan biasa tersedia di rumah. Seperti lap chamois atau fiber. Saya menyarankan jangan menggunakan lap kasar dan bahan kimia. Cukup air dan lap chamois yang biasa disebut kanebo," urai Christopher kepada Kompas.com, di Jakarta, Kamis (18/7/2013).

Menghindari sama sekali pembersih kaca berbahan kimia, menurut Christopher merupakan jalan  paling bijak dalam merawat jendela berlapis kaca film. Pasalnya, tidak ada yang dapat memastikan kandungan kimia dalam pembersih kaca. Selain itu, cairan pembersih berbahan kimia dapat merusak lapisan kaca film.

Daya tahan kaca film, imbuh Christopher, sangat tergantung masing-masing pengguna. Tapi, perusahaannya menyediakan garansi (bukan karena kesalahan pengguna) selama lima tahun untuk rumah.

Selain praktis perawatannya, saat ini sudah tersedia berbagai jenis kaca film yang dapat memenuhi kebutuhan pemilik rumah. Kaca film tersedia mulai dari jenis bening dan tidak berwarna, hingga berwarna hitam gelap, silver, hijau, atau warna apapun yang diinginkan konsumen.

Harganya pun terjangkau. Untuk Masterpiece varian Renzu Mint 35 dibanderol Rp 1,3 juta per meter persegi. Sedangkan kaca film varian Renzu Mint 10 harganya Rp 1,2 juta per meter persegi. Kini, tinggal konsumen yang memilih sesuai selera dan kebutuhannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.