Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Patung-patung" Fantastis Ini Terbuat dari Tanaman

Kompas.com - 18/07/2013, 11:57 WIB
Tabita Diela

Penulis


www.designboom.com Delegasi Beijing, China, memajang karya berjudul

www.designboom.com Delegasi Jepang membuat

www.designboom.com Peserta dari Gaziantep, Turki, menampilkan susunan tanaman dengan judul

www.designboom.com

KOMPAS.com —
Seni memangkas tanaman hingga menyerupai satu bentuk tertentu, atau yang sering disebut dengan topiary, memang menarik perhatian. Terlebih, jika tanaman-tanaman tersebut jumlahnya banyak dan menghasilkan karya seni fantastis. Itulah yang terjadi di Quebec, Kanada, lewat acara berskala internasional, Mosaicultures.
 
Mosaicultures Internationales Montreal 2013 diikuti 200 seniman holtikultural yang berasal dari 20 negara. Kompetisi yang diadakan hingga 29 September mendatang ini menampilkan 40 karya seni skulptural. Tiap-tiap karya terbuat dari berbagai jenis tanaman yang membentuk bidang dua dan tiga dimensi. Tidak heran, dengan banyaknya jumlah peserta, acara ini didapuk sebagai acara terbesar yang "perduli terhadap alam".
 
Mosaiculture sendiri merupakan acara yang mengikutsertakan berbagai disiplin; seni menggambar, perancangan bangunan dan kerajinan tangan, pahatan sebagai rangka kegiatan, pewarnaan, serta pengetahuan ekologi untuk mengetahui cara-cara perawatan bunga-bungaan sebagai media seni. 
 
Dalam video serta pemaparan yang dipublikasikan designboom, beberapa hasil karya peserta tampak menakjubkan. Salah satu delegasi dari Shanghai, China, memajang karya berjudul "A True Story". Delegasi Beijing, China, memajang karya berjudul "Planting Plane Trees to Attract the Phoenix". Delegasi Jepang membuat "patung tanaman" berbentuk dua telapak tangan berjudul "A Dove for Peace". Hasil karya tiga dimensi lain dengan bentuk yang sangat menyerupai aslinya juga datang dari Jepang. "Hatchiko the Loyal Dog" merupakan karya yang dipersembahkan delegasi dari Tokyo (Shibuya), Jepang.
 
Tidak hanya karya berbentuk tiga dimensi, karya seni dari tanaman berbentuk dua dimensi juga menarik untuk disimak. Karya dari Gaziantep, Turki, menampilkan susunan tanaman dengan judul "Gypsy or Gaia?"
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com