Karya Arsitek Ini Lebih dari Sekadar Gerbang Perumahan

Kompas.com - 11/07/2013, 15:29 WIB
Gerbang kompleks Rhyan Villa ini menjadi simbol identitas dan ikon penghuninya. Keindahan arsitekturalnya terinspirasi dari tradisi seni, kerajinan, cahaya, dekorasi dan produksi karpet Iran. archdaily.comGerbang kompleks Rhyan Villa ini menjadi simbol identitas dan ikon penghuninya. Keindahan arsitekturalnya terinspirasi dari tradisi seni, kerajinan, cahaya, dekorasi dan produksi karpet Iran.
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com- Anda familiar dengan gerbang perumahan pada gambar di atas? Surabaya sudah memilikinya sejak beberapa tahun silam, saat Ciputra Group menggarap perumahan skala kota CitraLand.

Namun, gerbang ini tidak terdapat di kota terbesar kedua Indonesia, melainkan sebuah proposal karya Waltritsch a+u dan Rndr Studio. Mereka baru saja memenangkan hadiah utama dalam kompetisi internasional untuk desain gerbang atas kompleks Ryhan villa di provinsi Mazandaran, Iran Utara.

archdaily.com Pintu masuk ini dirancang untuk menerima orang-orang kembali ke rumah, dan memberkati mereka sebelum pergi untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

Pintu masuk
ini dirancang untuk menerima orang-orang kembali ke rumah, dan memberkati mereka sebelum pergi untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Inspirasi karya berasal dari bentuk indah arsitektur Iran sederhana dan halus.

Membangun gerbang kompleks perumahan mungkin dianggap suatu kehormatan bagi seorang arsitek, karena memungkinkan dia untuk berhubungan dengan sisi paling intim dari kehidupan sehari-hari masyarakat.

Kedua biro arsitek tersebut mengeksplorasi daya tarik adat istiadat dan kehidupan masyarakat setempat. Mereka membuka ruang terhadap tradisi dengan tema utama cahaya, skala, dekorasi, seni dan kerajinan karpet serta pakaian Iran yang populer.

Semua itu
terwujud melalui penggunaan kolom yang dipoles beton bertulang putih dan pelat baja bergelombang. Betonnya sendiri yang menjadi pilar utama gerbang ditempatkan di atas tanaman hijau yang berpadu dengan bunga-bunga cantik. Gerbang ini menjadi simbol identitas dan ikon bagi penghuninya dan warga yang melintas dapat menikmati keindahan arsitekturalnya dari luar.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.