Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gedung Terbesar di Dunia Dilengkapi Matahari Buatan!

Kompas.com - 02/07/2013, 11:29 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com — China tak sekadar besar dalam jumlah populasi, wilayah negara, tetapi juga dalam segala hal, termasuk pengembangan properti. Negara ini baru saja membuka megaproyek terakbar di dunia bertajuk The New Century Global Center yang dilengkapi matahari buatan!

Properti raksasa ini berlokasi di Chengdu, Provinsi Sichuan, tepat di seberang Pusat Seni Kontemporer Chengdu. Luas bangunannya mencapai 19 juta kaki persegi (6.096.000 meter persegi) dan direpresentasikan ke dalam ukuran panjang sekitar 500 meter, lebar 400 meter, dan memiliki ketinggian 100 meter. Dimensi bangunan ini nyaris 20 kali lebih besar dari Sydney Opera House dan tiga kali dari markas Pentagon, Amerika Serikat.

The New Century Global Center merangkum beberapa jenis properti di dalamnya, yakni pusat perbelanjaan, kawasan yang dirancang bergaya Mediterrania, taman air, gelanggang ice skating, dan beberapa hotel serta fasilitas akomodasi.

Tak hanya besar dalam ukuran, gedung ini juga menawarkan visualisasi menarik sekaligus estetika secara arsitektural. Betapa tidak, The New Century Global Center ini merupakan hasil karya arsitek Inggris keturunan Irak paling beken saat ini, Zaha Hadid.

Sebagaimana karya Hadid lain, seperti Abu Dhabi Art Center dan London Aquatic, gedung serbaguna ini juga sangat futuristik. Gedung ini sarat dengan panel kaca di sebagian besar bangunan. Panel kaca ini berfungsi sebagai media sumber cahaya pada siang hari.

Pihak otoritas setempat mengklaim, The New Century Global Center merupakan bangunan terbesar di dunia yang berdiri sendiri (stand alone) dan dibutuhkan tiga tahun untuk merampungkan konstruksinya.
 
"Ini merupakan sebuah kota laut yang dibangun oleh manusia," kata Liu Xun Cina seperti dikutip AFP.

Lebih dari itu, keseluruhan kompleks gedung ini akan dilengkapi dengan matahari buatan (artifisial). Matahari artifisial yang dibangun di dalam gedung bakal memberikan cahaya dan panas 24 jam sehari bagi pengunjung yang menjelajahi butik dan toko-toko dengan total luas bangunan mencapai 400.000 meter persegi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com