Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CCTV China Salah Satu Terbaik di Dunia

Kompas.com - 29/06/2013, 18:38 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

Sumber CTBUH

KOMPAS.com- CCTV Headquarter di Beijing, China, terpilih sebagai salah satu pencakar langit terbaik dunia tahun ini. Gedung dengan desain khas, unik dan menonjol ini mendapat anugerah terbaik dari "Council on Tall Buildings and Urban Habitat (CTBUH)", sebuah konsili gedung pencakar langit dan perkotaan dunia. Mereka baru-baru ini menggelar The Best Tall Buildings Awards 2013.

Selain CCTV China, terbaik lainnya adalahThe Bow Calgary, Kanada, The Shard London, Inggris, dan Sowwah Square, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Pengumuman pemenang akan dilakukan pada 1 Juli mendatang.

Keempat gedung tersebut dipilih oleh dewan juri dengan kredibilitas tinggi. Mereka mengalahkan 60 peserta lainnya yang berasal dari berbagai belahan dunia. 

Menurut Ketua Dewan Juri yang sekaligus Pemimpin Studio Gang Architects, Jeanne Gang, para pemenang dan finalis merupakan pencakar langit yang paling mencolok dan mempengaruhi lanskap global.

"Mereka mewakili resolusi untuk sejumlah besar isu-isu kontemporer,  seperti konsumsi energi yang terintegrasi dengan wilayah perkotaan," ujar Jeanne.

Best Tall Buildings Awards sendiri merupakan tinjauan independen terhadap proyek-proyek baru, yang dinilai oleh sebuah panel eksekutif. Proyek yang dinilai, haruslah berkontribusi terhadap kemajuan dan lingkungan perkotaan serta pembangunan yang berkelanjutan.

Selain memilih gedung pencakar langit terbaik, CTBUH juga menganugerahkan "Lynn S Beedle Lifetime Achievement Award" kepada Henry Cobb, mitra pendiri Pei Cobb Freed & Partners. Ia mendesain
Hancock Place di Boston dan Library US Bank Tower di Los Angeles. Perancang yang pernah mendapat kehormatan ini antara lain Helmut Jahn, Lord Norman Foster, Cesar Pelli, William Pedersen dan Adrian Smith.

Henry Cobb dipandang telah menunjukkan kepemimpinan yang fenomenal sepanjang karirnya, terutama pada Hancock Place. Ia berhasil menetapkan standar masa depan dan mengubah lingkungan di sekitar Hancock Place.

Sementara medali Fazlur R. Khan Lifetime Achievement diberikan kepada Clyde Baker, insinyur utama senior di AECOM. Ia melakukan rekayasa geoteknik untuk tujuh dari 16 gedung tertinggi di dunia, sebagian besar dari bangunan bertingkat tinggi yang dibangun di pusat kota Chicago selama 50 tahun terakhir, termasuk sembilan gedung dengan ruang bawah tanah dan dinding lumpur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CTBUH
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com