Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dekorasi A la Italia, Mewah dan Gaya...

Kompas.com - 09/07/2013, 15:42 WIB
Tabita Diela

Penulis


KOMPAS.com -
Tidak perlu sampai ke "surga pasta" untuk merasakan kenyamanan dan kemewahan yang ditawarkan dari dekorasi interior khas Italia. Anda bisa membawanya pulang ke rumah dengan mudah sekarang juga.

Hanya ada beberapa kunci mendekor yang bisa Anda adaptasi sendiri sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan rumah. Berikut ini tips untuk Anda yang diambil dari Houzz.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah bahan pelapis sofa dan kurs. Jadikan kursi "berlengan" dengan sebutan Fortuny sebagai inspirasi. Kursi tersebut memiliki ukiran sederhana pada rangkanya, dan memiliki bahan bercorak mewah sebagai pelapis dudukannya. Carilah bahan dengan corak yang disulam, bukan sekadar cetakan.

Kedua, gunakan perabot vintage. Carilah kredensa bergaya Eropa, dan tempatkan aksen berupa lilin serta bunga di permukaannya. Jangan lupa, Anda juga bisa menempatkan lukisan, kaca, dan foto pada dinding yang menempel dengan kredensa.

Ketiga, gunakan hiasan bergaya rustic. Eksplorasi penggunaan batu bata ekspos, hiasan-hiasan besi, serta cara mengecat kayu yang membuatnya tampak kuno.

Keempat, buatlah pengaturan meja makan di luar ruangan. Coba bayangkan sudut-sudut kota Roma. Menyantap makanan sembari berlantai halaman konblok, ditemani dengan pepohonan rindang, serta air mancur mungil. Halaman Anda dapat menjadi "Italia mungil" dengan pengaturan tersebut.

Kelima, gunakan barang-barang antik. Carilah meja-meja tua, kursi-kursi antik bergaya Eropa, atau bahkan pintu ganda antik.

Jika saat ini Anda masih berada dalam tahap pembuatan rumah dan menginginkan bergaya Italia, cobalah membangun beberapa fitur ini.

Pertama, buatlah teras bernama "loggia". "Loggia" mirip dengan balkon, lengkap dengan pagar dan atap. Di tempat ini, Anda dapat bersantai sembari menikmati tiupan angin di pagi dan sore hari.

Kedua, gunakan kerikil untuk menutupi jalur masuk mobil.

Ketiga, gunakan batu alam ekspos untuk eksterior rumah. Hal ini meniru rumah-rumah di pedesaan Italia.

Keempat, gunakan genting terra-cotta. Jenis genting ini sangat khas gaya arsitektur Italia. Selain itu, jenis genting ini juga pas dengan batu alam ekspos pada dinding eksterior.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com