Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koin, Pemecah Masalah Furnitur Kantor...

Kompas.com - 06/07/2013, 12:45 WIB
Tabita Diela

Penulis


KOMPAS.com- Demi menekan biaya, sekaligus menciptakan iklim kerja yang produktif, komunikatif, saling mendukung, dan solid, berbagai kantor kini mengadopsi konsep ruang terbuka atau "open space".

www.designboom.com Dua komponen yang berbeda disatukan oleh koin melalui bagian permukaan perabot.

Ruang-ruang kantor dengan konsep tersebut umumnya menggunakan perabot "bongkar-pasang" yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pekerja. Sayangnya, pekerja yang datang dan pergi, perubahan struktur, serta bertumbuhnya kebutuhan tidak ditunjang dengan ketersediaan perabot praktis. Memasang dan membongkar perabot membutuhkan waktu lama dan melelahkan.
 
Menjawab kebutuhan tersebut, perusahaan desain asal Jepang, Nendo, menciptakan solusi praktis berupa konektor perabot bongkar-pasang yang bisa dikunci hanya dengan menggunakan koin, dan dibongkar dengan cara menekannya. Produk tersebut bernama Ofon.

www.designboom.com Koin juga dapat digunakan untuk menyatukan beberapa komponen kotak penyimpanan bersama-sama

Sistem penghubung bernama Ofon tersebut tidak membutuhkan alat lain selain koin dalam proses perakitan perabot.
 
Melalui situs resminya, ofon.jp, bahwa sistem penghubung tersebut tidak hanya dapat digunakan pada meja kerja. Beberapa cara pemasangan meja kerja, penyimpanan berkas, rak buku, dan lemari bongkar-pasang produk Ofon juga dapat menggunakannya. Selain itu, koleksi produk Ofon juga meliputi kursi kantor beroda, kursi, sofa, lampu, serta keperluan lain, seperti lampu, jam dinding, gantungan mantel, serta keperluan ruang kantor lainnya. Semua produk tersebut tersedia dalam warna kayu, putih, putih dengan aksen warna hijau, oranye, dan hijau, serta hitam dengan aksen abu-abu dan krem.
 
www.designboom.com Nendo Ofon dapat dibongkar pasang secara praktis.

Nendo memproduksi Ofon untuk Kokuyo. Kokuyo merupakan perusahaan yang memfokuskan diri pada pemenuhan, serta penemuan produk alat tulis kantor. Dalam situs resminya,  perusahaan tersebut menyatakan, "Kreatifitas berarti menyelesaikan masalah kecil yang ditemui orang-orang di dalam pekerjaan dan kehidupannya sehari-hari, satu demi satu, lewat penggunaan ide kreatif."
www.designboom.com Beberapa kemungkinan rak penyimpanan yang diproduksi ofon.


 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com