Kompas.com - 24/06/2013, 16:55 WIB
Penulis Tabita Diela
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Apa yang unik dari Brazil? Selain tarian "Samba" dan sepak bola, negeri ini terkenal dengan sumber daya lokal. Salah satunya bahan baku pembuat kursi. Adalah Fernando dan Humberto Campana yang merancang kursi dari boneka berbentuk buaya.

Keduanya menciptakan "Alligator Banquet Chair" dan "Alligator Sofa". Mereka bekerja sama   dengan lembaga swadaya masyarakat setempat, Orientvida. Pengrajin kursi ini merupakan perempuan-perempuan kurang mampu. Mereka membuat boneka-boneka buaya untuk membiayai kehidupannya.

www.designboom.com Kursi ini terbuat dari kumpulan boneka berbentuk buaya. Empuk, nyaman dan unik.

Kursi yang hampir serupa sebenarnya pernah dibuat oleh kakak-beradik Campana pada 2004 lalu dengan nama "Alligator Chair". Selain itu, Campana bersaudara juga pernah membuat kursi dari berbagai boneka binatang "imut" pada 2002.

Selain "kursi-kursi buaya" ini, Campana Bersaudara juga membuat beberapa koleksi baru yang tidak kalah unik. Tidak hanya kursi, mereka juga membuat rak buku bernama "Boca Shelf", "Racket Chair", dan "Racket Chair and Screen".

www.designboom.com Kursi buaya ini merupakan kolaborasi kreatif antara dua desainer Brazil dan perempuan pengrajin boneka setempat. Tak hanya sebagai perabot, kehadiran kursi ini juga melengkapi estetika interior rumah.

"Boca Shelf" mendapat namanya dari kata "boca" yang menggambarkan gerakan bibir membuka lebar. "Bukaan bibir" ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan buku.

www.designboom.com Kursi ini tak kalah cantik, terbuat dari anyaman nylon.

"Racket Chair" dan "Racket Chair and Screen" dapat tertebak dari namanya. Kursi ini berbahan dasar anyaman nylon sebagai sandaran dan dudukan. Sandarannya tampak seperti "dream cather". "Racket Chair and Screen" memiliki sandaran yang jauh lebih besar dari "Racket Chair".
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber designboom
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.