Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Hitam? Siapa Takut...

Kompas.com - 19/05/2013, 09:42 WIB

KOMPAS.com - Menggunakan warna hitam dalam dekorasi interior rumah jelas sekali bukan pilihan yang populer. Terutama, pada sebagai warna dinding. Warna ini tidak hanya mampu membuat ruangan tampak lebih gelap, namun juga menyerap dan menyimpan panas lebih baik dari warna-warna lain. Karena itu, rumah-rumah di Asia Tenggara, khususnya Indonesia, jarang sekali menggunakan warna ini. Namun, dengan penggunaan yang cermat dan terbatas, sebenarnya warna hitam justru dapat mempercantik dan membuat rumah Anda lebih dramatis.

Berikut ini beberapa contoh penggunaan warna hitam yang dihimpun dari berbagai sumber.

Pilihlah aksen dengan tepat dan Anda bisa mendapatkan kesan yang diinginkan.

Pertama-tama, Anda dapat memberikan tampilan klasik dengan memadukan hitam-putih. Jika tertarik memenuhi ruangan dengan warna hitam, berikan sedikit "keseimbangan" dengan menggunakan kursi, meja, atau sofa berwarna putih.

Kedua, jika Anda ingin memberikan nuansa yang lebih ceria, Anda bisa menyertakan berbagai perabot aneka warna dalam ruangan tersebut. Meski menggunakan warna mencolok, Anda tidak perlu khawatir. Hitam tergolong mudah digunakan lantaran mampu tampil serasi dengan berbagai warna lain. Menyandingkan warna hitam dengan warna lain dalam interior akan memberikan hasil menarik. Cobalah memulai dengan menggunakan warna-warna mencolok seperti merah, oranye, kuning, hijau, atau biru.

Hitam memang serasi dengan berbagai warna. Karena itu, warna hitam tepat Anda gunakan sebagai latar menarik bagi karya-karya seni. Ia membuat warna-warna lain di dalam karya tersebut lebih mencolok.

Ketiga, Anda bisa membuat interior rumah yang penuh dengan warna hitam menjadi lebih unik dengan memberikan corak sebagai aksen. Gunakan corak garis-garis yang sederhana. Selain itu, Anda juga bisa membuat ruangan lebih "liar" dengan corak zebra.

Ingatlah, Anda dapat berkreasi dengan bebas menggunakan warna ini. Jika Anda tertarik menggunakan warna hitam, Anda tidak harus menggunakannya pada dinding rumah. Gunakan warna hitam untuk shade lampu meja, sofa, meja, atau bedcover kamar Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com