Dubai Sustainable City, Kota Hemat Energi dan Lestari

Kompas.com - 17/06/2013, 10:38 WIB
Dubai Sustainable City mengusung konsep pengembangan hijau. Energi yang dapat dihemat sebesar 60 persen dan konsumsi air 30 persen. constructionweekonline.comDubai Sustainable City mengusung konsep pengembangan hijau. Energi yang dapat dihemat sebesar 60 persen dan konsumsi air 30 persen.
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com - Pengembang Indonesia tampaknya harus belajar pada Diamond Developers. Mereka tak hanya melabeli "green development" pada proyeknya untuk kepentingan penjualan marketing. Melainkan juga untuk kehidupan yang lestari dan berkelanjutan.

Diamond Developers mengusung konsep pengembangan hijau pada proyek teranyarnya, Dubai Sustainable City. Megaproyek ini terdiri atas 490 townhouse dan 10 vila. Diamond Developers sangat serius membangun kota lestari dan berkelanjutan ini. Mereka merancang kota ramah lingkungan dengan memanfaatkan tenaga surya sebesar 60 persen sebagai sumber energi pada masing-masing hunian dan menghemat konsumsi air sebesar 30 persen.

Untuk pengembangan tahap II, Diamond Developers telah memilih firma arsitektur Baharash mengerjakan masterplan dari empat fase Dubai Sustainable City. Baharash terpilih karena mampu menciptakan rancangan yang berbasis pada teknologi, tanpa mengabaikan lingkungan, serta harga yang wajar.

Firma arsitektur yang berbasis di London tersebut, mengalahkan desainer dari Amerika Serikat, Lebanon, Yordania, Inggris, dan Uni Emirat Arab untuk memenangkan tender. Mereka akan membuka kantor baru di Dubai untuk mempersiapkan detil proyek.

Tahap dua Dubai Sustainable City sendiri terdiri atas area mixed-use meliputi berbagai fasilitas pendidikan dan rekreasi, termasuk sebuah institut untuk rekayasa ekologi dan eco-resort.  Visi kota ini mencakup tiga pilar utama keberlanjutan: lingkungan, ekonomi dan sosial.

Sementara tahap pertamanya tengah dalam proses penyelesaian. Proyek ini diharapkan rampung pada 2015 mendatang.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.