Orang-orang Indonesia Borong Properti Australia Secara Tunai!

Kompas.com - 28/05/2013, 12:43 WIB
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com - Masalah keamanan investasi menjadi pertimbangan utama orang-orang Indonesia membeli properti di Australia. Oleh karena itu, wajar jika properti Australia yang dipasarkan di Indonesia mengalami tingkat penjualan positif.

Sebut saja apartemen Skye yang dikembangkan Crown Group. Baru dua bulan diluncurkan secara terbatas, apartemen ini mendapat minat dari sepuluh orang konsumen.

Marketing Head Crown Group di Indonesia, Michael Ginarto, mengatakan total penjualan pada saat pameran sejumlah portofolio Crown Group di Jakarta, Surabaya dan Medan Februari 2013 lalu sebesar Rp 200 miliar. Komposisi cara pembelian tunai keras atas lebih banyak ketimbang memanfaatkan fasilitas pinjaman (mortgage).

"Pembeli Indonesia merupakan smart buyer. Mereka tak segan memilih cara pembayaran tunai atas properti yang memberikan garansi safety investment," kata Michael kepada Kompas.com di Jakarta, Selasa (28/5/2013).

Mekanisme pembelian properti diatur dalam sebuah regulasi yang sangat menguntungkan konsumen. Regulasi tersebut mengatur transaksi properti yang dihasilkan, baik berupa uang muka maupun uang pembelian penuh, lalu disimpan dalam sebuah solicitor trust account yang dimiliki pemerintah.

Aman? Tentu saja. Karena dengan begitu, pengembang tidak boleh berlaku seenaknya menggunakan dana konsumen untuk membangun proyeknya. Dana konsumen aman tersimpan dalam rekening pemerintah selama pembangunan proyek berlangsung.

"Konsumen yang memanfaatkan mortgage baru dapat mencicil sisa pembayaran saat properti tersebut jadi," jelas Michael.

Selain masalah keamanan investasi, tawaran tingkat pengembalian investasi (Return on Investment) dalam kurun waktu 7-8 tahun juga sangat menarik. Menurut Michael, komposisi pembeli properti Australia yang sudah terbangun (eksisting) asal Indonesia sebanyak 20 persen sampai 30 persen dari kuota 50-60 persen yang ditawarkan ke pasar di luar Australia.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X