Kompas.com - 19/05/2013, 10:01 WIB

KOMPAS.com - Tidak hanya membeli rumah dengan hasil jerih payah, mampu mendekor dan mendesain interiornya sendiri juga tentu akan memberikan kepuasan bagi Anda. Namun, proses desain membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Mulailah prosesnya dan dapatkan rumah impian Anda.

Berikut ini tips bagi Anda sebelum mulai mendesain interior rumah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pertama, carilah inspirasi di sekeliling Anda.

Anda bisa secara khusus mencari inspirasi lewat kegiatan berselancar di internet, membaca referensi desain, atau sekadar menikmati akhir pekan di taman. Bukalah mata dan pikiran Anda setiap bepergian. Entah itu hanya mengunjungi mall terdekat, atau bepergian ke daerah-daerah lain di luar kota.

Kedua, dalam proses pencarian ide, berhati-hatilah dengan perabot yang Anda rasa unik dan berkualitas baik. Pasalnya, belum tentu barang-barang tersebut cocok dengan rumah Anda. Hal terpenting yang sebaiknya diperhatikan ketika menemukan perabot adalah mengetahui ukurannya.

Ketiga, ingatlah untuk siapa Anda mendesain ruangan tersebut. Jika desain memang untuk digunakan sendiri, perhatikan kebutuhan Anda. Jika tidak, berkonsultasilah dengan sang pengguna, entah itu orang tua, suami/isteri, anak, atau saudara Anda. Selain itu, cobalah membayangkan situasi dalam beberapa tahun mendatang.

Pastikan Anda memilih perabotan yang tidak hanya fungsional, awet, namun juga tetap nyaman meski digunakan bertahun-tahun. Jangan hanya bayangkan kemampuan perabot dalam beberapa tahun mendatang. 

Keempat, bayangkan pula selera Anda dalam beberapa tahun lagi. Pastikan Anda akan menyukai desain tersebut dalam waktu lama. Hindari perabot dan barang-barang yang sedang "tren". Terlebih, jika sebenarnya Anda tidak terlalu menyukai barang tersebut.

Kelima, buatlah desain dekor yang berhubungan erat dengan Anda pribadi. Kelilingi diri Anda dengan foto, kenangan, koleksi, dan cenderamata lain dari orang yang istimewa.

Keenam, pastikan tamu Anda hanya perlu beberapa detik untuk terpukau. Maksud dari tips ini adalah, cobalah untuk membuat dekor yang menyenangkan, mampu memiliki efek "wow", serta memberikan kenyamanan bagi siapa pun yang datang ke rumah Anda.

Ketujuh, buatlah rencana dan anggaran, lalu tetaplah pada rencana tersebut. Desain yang baik adalah sebuah investasi. Pasalnya, desain tersebut dapat memberikan nilai tambah bagi rumah Anda. Dengan anggaran yang terbatas, Anda akan "terpaksa" denga teliti mencari perabotan berkualitas baik dengan harga terjangkau. Benda-benda semacam ini dapat bertahan jauh lebih lama, ketimbang barang-barang yang tampak cantik, mahal, namun berkualitas buruk.

Delapan, jangan lupakan pencahayaan yang baik di dalam desain Anda. Pencahayaan tidak hanya membuat ruang lebih cantik, namun juga membuat rumah Anda relatif lebih aman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.