Kompas.com - 14/05/2013, 15:34 WIB
Penulis Tabita Diela
|
Editor M Latief

KOMPAS.com - Kemajuan teknologi kini sudah membawa kita jauh ke masa depan yang tak lagi mengenal desain-desain sederhana. Bukan hanya film, acara televisi, atau permainan tiga dimensi, kini Anda juga dapat memiliki dinding tiga dimensi.

Dinding tersebut terbuat dari ubin-ubin yang memang dirancang khusus sehingga memiliki bentuk unik. Jika Anda penasaran, berikut ini ubin-ubin yang ada dalam "Covering Stone and Tile Show 2013" di Atlanta, Amerika Serikat. Pada acara tersebut pengunjung dapat melihat ubin-ubin unik yang menonjol, bergelombang, dan mampu "mengundang" siapa pun untuk menyentuhnya.

Berukuran besar

Ubin-ubin berukuran besar terpampang dalam acara tersebut. Tidak hanya besarnya ukuran, masing-masing ubin juga memiliki lekukan tepat pada keempat sudutnya.

Selain itu, ada juga ubin-ubin yang tidak hanya memiliki penampang berukuran besar, namun juga terinspirasi pada bata bertumpuk. Rangkaian ubin tersebut justeru tampak seragam ketika disusun pada dinding.

Bermain cahaya

Selain memiliki berbentuk unik, ubin jenis ini membutuhkan unsur lain untuk membuatnya menarik. Salah satu unsur penting itu adalah cahaya. Dengan adanya cahaya, bagian-bagian yang sedikit menonjol pada permukaan ubin dapat menciptakan bayangan dengan berbagai bentuk.

Perbedaan tekstur

Selain adanya relief, perbedaan material juga mampu membuat penutup dinding tampak unik. Salah satu contoh pengaplikasian hal ini adalah produk karya desainer terkenal Philippe Starck. Ia memiliki label produk baru yang dikenal dengan sebutan Flexible Architecture untuk Sant'Agostino. Label baru ini memiliki pendekatan instalasi ubin berbeda.

"Sambungan jelek sebelumnya merupakan sebuah masalah. Kini, sambungan jelek tersebut dapat lebih dari sekedar keuntungan," ujarnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.