Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesederhanaan yang Istimewa di Hari Raya

Kompas.com - 30/07/2012, 17:17 WIB

KOMPAS.com - Mengubah tampilan meja lewat table setting tak harus selalu baru dan mahal. Taplak meja berwarna putih bersih tak bernoda pun bisa dimanfaatkan.

Tentu, tak ada salahnya memberi keistimewaan di hari raya Idul Fitri nanti. Setidaknya, keistimewaan itu Anda hadirkan pada ruang makan yang setiap hari terlihat biasa-biasa saja. Hari istimewa, hidangan istimewa, meja makan pun lebih istimewa dari biasanya. 

Kembali ke taplak meja, sebetulnya juga tak harus putih. Warna lainnya juga bisa Anda gunakan, asalkan kondisinya masih baik. Anda cukup menyesuaikannya dengan ukuran meja makan Anda.

Agar nuansanya lebih manis, tak ada salahnya memberi bunga segar di tengah-tengah meja. Selanjutnya, Anda tinggal menata piring, gelas, sendok garpu berikut napkin sebanyak jumlah kursi yang tersedia mengelilingi meja.

Pun, agar lebih kental dengan suasana Lebaran, Anda bisa menambahkan aksesoris buatan seperti hiasan ketupat dari janur di dekat vas bunga. Memilih pemakaian seperangkat alat makan senada, baik corak dan warnanya, tentu terlihat lebih menarik.

Toples? Tentu saja. Tak lengkap rasanya meja dengan tampilan baru tanpa diramaikan kehadiran toples-toples kecil berisi kue-kue kering favorit keluarga. Selain isinya bisa dinikmati, manfaat toples tentu sebagai aksesoris menarik, apalagi saat ini bentuk dan rupa toples kian variatif dijual di pasaran.

Sebagai penambah suasana, jangan lupa dengan pencahayaan di ruangan ini. Anda bisa menghadirkan lampu gantung di atas meja makan dengan cahaya yang cukup. Jangan terlalu redup karena dapat mengurangi kenikmatan bersantap, atau terlalu terang sebab menyilaukan mata saat menyantap hidangan dan berbincang.

Namun demikian, Anda perlu memperhitungkan posisi makan yang berjajar dan saling berhadapan. Posisi ini tentu untuk menciptakan suasana semakin hangat dan cair di antara seluruh anggota keluarga saat saling bertatap muka, menikmati makan, serta berbincang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com