Kompas.com - 12/05/2013, 09:56 WIB
EditorHilda B Alexander

NEW YORK, KOMPAS.com - Pembangunan struktur One World Trade Center tuntas sudah. Diakhiri dengan pemasangan "crown" menara perak pada 10 Mei 2013, waktu setempat. Mahkota tersebut mempercantik bangunan ikonik sekaligus tertinggi di Amerika Serikat. Ketinggian One World Trade Center mencapai 1.776 kaki (541 meter). Ini merupakan simbol tahun saat Amerika Serikat mendeklarasikan kemerdekaannya.

Bangunan ini berada di sudut barat laut dari situs menara kembar World Trade Center yang hancur pada 11 September 2001 akibat serangan teroris. Masyarakat Amerika Serikat, terutama penduduk New York, menyambut pemasangan "mahkota" di puncak menara gedung ini dengan antusias. Mereka menganggap One World Trade Center sebagai simbol pemersatu, inspirasi, sekaligus kebanggaan bangsa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mahkota di puncak menara setinggi 124,3 meter dengan bobot seberat 800 ton ini akan berfungsi sebagai antena pemancar bagi saluran televisi dan radio. Meski demikian, Dewan Bangunan Tinggi dan Habitat Urban (Council on Tall Buildings and Urban Habitat/CTBUH) yang berbasis di Chicago, tidak memasukkan antena pemancar ini dalam ketinggian bangunan. Mereka menghitung ketinggian atas puncak menara atau struktur permanen yang merupakan bagian dari arsitektur bangunan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.