Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahkota One World Trade Center Akhirnya Terpasang!

Kompas.com - 12/05/2013, 09:56 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Pembangunan struktur One World Trade Center tuntas sudah. Diakhiri dengan pemasangan "crown" menara perak pada 10 Mei 2013, waktu setempat. Mahkota tersebut mempercantik bangunan ikonik sekaligus tertinggi di Amerika Serikat. Ketinggian One World Trade Center mencapai 1.776 kaki (541 meter). Ini merupakan simbol tahun saat Amerika Serikat mendeklarasikan kemerdekaannya.

Bangunan ini berada di sudut barat laut dari situs menara kembar World Trade Center yang hancur pada 11 September 2001 akibat serangan teroris. Masyarakat Amerika Serikat, terutama penduduk New York, menyambut pemasangan "mahkota" di puncak menara gedung ini dengan antusias. Mereka menganggap One World Trade Center sebagai simbol pemersatu, inspirasi, sekaligus kebanggaan bangsa.

Mahkota di puncak menara setinggi 124,3 meter dengan bobot seberat 800 ton ini akan berfungsi sebagai antena pemancar bagi saluran televisi dan radio. Meski demikian, Dewan Bangunan Tinggi dan Habitat Urban (Council on Tall Buildings and Urban Habitat/CTBUH) yang berbasis di Chicago, tidak memasukkan antena pemancar ini dalam ketinggian bangunan. Mereka menghitung ketinggian atas puncak menara atau struktur permanen yang merupakan bagian dari arsitektur bangunan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com