Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bagaimana Membuat Dekorasi Maksimalis di Suatu Ruang?

Gaya ini dikenal berani dan menujukkan suasana ruang yang sangat bertenaga karena memadukan banyak elemen, unsur, dan aksen warna, serta penggunaan beragam aksesori.

Tekstil tebal, wallpaper bermotif, barang-barang dekoratif, dan warna-warna intens adalah ciri khas tren maksimalis.

Memilih gaya desain maksimalis pada hunian berati Anda menyukai kebebasan berekspresi.

Gaya rumah maksimalis bisa terlihat sangat personal, impresif dan “bertenaga”. Banyaknya ornamen dan aksesori yang digunakan menampakan karakter dan kepercayaan diri sang pemilik.

Tetapi, elemen dan akseosi dekorasi yang dieksekusi dengan cara yang salah dapat membuat ruang terlihat berantakan daripada chic.

Lalu, bagaimana membawa tren dekorasi populer ini tanpa membuat rumah Anda terlihat berantakan?

Simak caranya:

1. Mulai pada ruangan yang kecil

Jika Anda baru pertama kali bereksperimen dengan gaya maksimalis, cobalah untuk menerapkannya di kamar mandi, sudut ruang makan, ruang tamu atau lorong-lorong rumah yang tak terpakai.

Ruang yang lebih kecil memaksa Anda untuk membuat pilihan yang lebih cerdas tentang item mana yang akan dipilih.

2. Fokus pada kurasi karya yang tepat 

Alih-alih mengisi setiap inci ruang Anda dengan barang-barang, fokuslah pada kurasi barang-barang yang saling melengkapi dan paling menarik perhatian.

Gantung satu karya seni yang menarik di dinding daripada beberapa karya yang berukuran kecil atau pilih satu vas besar di atas meja kopi daripada beberapa dekorasi.

3. Pilih kap lampu yang lebih berani

Lampu warna-warni atau dapat mengubah ruang. Anda dapat menambahkannya ke dalam ruangan dengan mengubah furnitur dan aksesori yang ada.

Jadi, ganti lampu netral Anda dengan nuansa yang berwarna atau berpola. Anda akan terkejut betapa banyak energi yang bisa dibawa masuk ke dalam sebuah ruangan.

4. Pajang koleksi 

Ada cara sederhan dan murah untuk mencoba tampilan maksimal  dengan mengeluarkan koleksi atau kenang-kenangan Anda dari tempat penyimpanan dan memajangnya.

Gunakan beberapa ruang dan rak untuk menonjolkan koleksi pajangan seperti suvenir perjalanan, pusaka keluarga, atau apa pun yang Anda sukai untuk dikoleksi.

Pastikan untuk mengatur koleksi Anda dalam kelompok yang sejenis atau padukan barang yang warna beda agar terlihat berwarna-warni dan susunlah dengan rapi.

5. Campur tekstur yang berbeda

Menggabungkan berbagai jenis kain adalah cara singkat menuju tampilan yang maksimal.

Dengan Melapisi tekstur dan bahan yang berbeda adalah cara mudah untuk membawa maksimalisme ke dalam ruang tanpa membuatnya terasa berantakan

Anda dapat dengan mudah menggabungkan tekstur di kamar Anda dengan menambahkan bantal dari kain yang berbeda atau memilih set selimut dengan tekstil kontras.

6. Batasi warna palet yang digunakan

Menggunakan terlalu banyak warna berbeda dalam satu ruang dapat terasa berlebihan secara visual, jadi pastikan Anda merencanakannya dengan tepat saat memilih palet.

Gaya maksimalis yang indah adalah menggunakan warna-warna cerah dalam jumlah yang terbatas.

Anda menciptakan ketertarikan visual tanpa terlalu banyak palet warna. Oleh kerena itu, agar dapat tercipta aturan 60/30/10, pilih tiga warna berbeda dan gunakan berdasarkan persentase 60, 30 dan 10. 

7. Terlihat Seimbang dan Simetris

Ruangan yang berpola dan berwarna yang seimbang akan terasa kurang semrawut dan berantakan. 

Pilihlah bagian dengan warna yang sama atau bagian yang menggunakan pola yang sama pada skala yang berbeda. Cobalah untuk menyebarkan ini di sekitar ruangan untuk memberikan rasa simetri.

Misalnya, tambahkan bantal bermotif bunga-bunga di satu tempat, lalu taruhlah ke tempat duduk di sisi ruangan yang berlawanan.

Jadi, gaya maksimalis mempunyai ciri khas dengan warna-warni yang berani, berbagai pola, dan kreatifitas.

Detail-detailnya yang mengisi ruangan adalah hal-hal yang Anda suka misalnya koleksi suvenirgya perjalanan keliling Indonesia.

https://properti.kompas.com/read/2021/08/22/164950821/bagaimana-membuat-dekorasi-maksimalis-di-suatu-ruang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke